Breaking News:

Berita Buleleng

Lobster Mulai Dibudidayakan di Desa Sumberkima Buleleng, Panen Perdana di Bali Dihadiri Menteri KKP

Panen perdana ini pun dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono, Gubernur Bali Wayan Koster, serta Bupati Buleleng

Tribun Bali/Ratu Ayu Astri Desiani
Menteri KKP RI, Sakti Wahyu Trenggono saat mendatangi Desa Sumberkima untuk melakukan panen perdana lobster yang dibudidaya di desa setempat, Rabu 20 Januari 2021 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Budidaya lobster mulai dilakukan sejumlah pengusaha di kawasan luat Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Buleleng.

Budidaya ini dilakukan sejak enam bulan yang lalu, dan telah memasuki panen perdana, pada Rabu, 20 Januari 2021.

Panen perdana ini pun dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono, Gubernur Bali Wayan Koster, serta Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana.

Dari pantauan di lokasi, Menteri Trenggono didampingi Bupati Suradnyana menuju ke keramba jaring apung yang terletak sekitar  kilometer dari bibir pantai dengan menggunakan perahu.

Baca juga: Menteri KKP Trenggono Tinjau Budidaya Lobster di Buleleng Bali, Hal Ini Ditekankannya

Di sana, Menteri bersama Bupati secara simbolis memanen lobster jenis mutiara yang dipelihara oleh kumpulan pengusaha lobster.

 Selain itu pihaknya juga melepasliarkan enam kilogram atau dua persen dari bibit lobster yang dipelihara di keramba jaring apung tersebut, ke alam liar.

Dalam kesempatan itu, Menteri Trenggono mengatakan, budidaya lobster ini sangat baik dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan kelestarian lobster itu sendiri.

Ia pun berharap budidaya ini dapat dilakukan di seluruh wilayah Indonesia, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya para nelayan.

Ia bahkan menargetkan Indonesia bisa menjadi produsen lobster terbesar di dunia.

"Buktinya tadi saat panen, besarnya rata-rata sudah mencapai 200 hingga 300 gram per ekor.

Halaman
12
Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved