Breaking News:

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Divaksin Covid-19, Tetaplah Terhidrasi

Vaksinasi COVID-19 sudah mulai dilakukan di Indonesia, jika kamu adalah salah satu penerimanya, perhatikan hal-hal berikut sebelum vaksinasi

Tribun Bali/Rizal Fanany
Ilustrasi vaksin Covid-19, Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Divaksin Covid-19, Tetaplah Terhidrasi 

TRIBUN-BALI.COM - Vaksinasi COVID-19 sudah mulai dilakukan di Indonesia, jika kamu adalah salah satu penerimanya, perhatikan hal-hal berikut sebelum vaksinasi.

Sejumlah kalangan masyarakat menjadi prioritas dalam pemberian vaksin; sementara itu, pemerintah memastikan seluruh masyarakat Indonesia akan mendapatkan vaksin COVID-19 dalam jangka waktu tertentu.

Kita mungkin akan segera atau masih bersiap-siap menerima vaksin.

Lantas, apa saja yang sebaiknya kita lakukan sebelum vaksinasi agar pemberian vaksin berjalan lancar dan kesehatan kita tetap terjaga?

Baca juga: Dapat Tambahan 1.000 Dosis Vaksin Covid-19, Dinkes Bangli Prioritaskan Vaksinasi 500 Nakes Tercecer

Baca juga: Ratu Inggris Cerita Pengalaman Suntik Vaksin Covid-19 Agar Rakyatnya Tak Ragu Lagi

Baca juga: 60 Ribu Pekerja Pariwisata Terdaftar untuk Dapat Vaksin Covid-19, Kadispar Bali: Bertahap Intinya

Cek Alergi

Pastikan kita tahu kondisi diri kita sendiri dan menyadari seandainya kita memiliki alergi tertentu sebelum memutuskan untuk mengikuti vaksinasi COVID-19.

Apa lagi jika kita pernah mengalami anaphylaxis, respon serius yang membuat tubuh syok setelah terpapar alergen, dan memiliki alergi terhadap bahan-bahan yang terkandung dalam vaksin COVID-19.

Kalau kita memiliki alergi yang mengharuskan kita mengonsumsi obat tertentu, kita boleh tetap menggunakan obat tersebut sesuai anjuran dokter.

Beberapa jam sebelum divaksin, pastikan enggak ada pemicu risiko alergi kambuh dan saat tiba di lokasi vaksinasi, pastikan kita melaporkan sejelas-jelasnya mengenai kondisi kesehatan dan riwayat alergi kita kepada petugas medis.

Selain itu, kendati kasus reaksi alergi terhadap vaksin tergolong langka, tetaplah berada di lokasi vaksinasi selama kira-kira 15-30 menit untuk memastikan enggak ada efek samping negatif yang terlalu parah setelah divaksin.

Baca juga: Penjelasan Vaksinasi Mandiri atau Vaksinasi Gotong Royong, Berapa Biayanya?

Baca juga: Dapat Tambahan 1.000 Dosis Vaksin Covid-19, Dinkes Bangli Prioritaskan Vaksinasi 500 Nakes Tercecer

Halaman
123
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved