Breaking News:

Berita Buleleng

Aparat Temukan Pelanggaran di Hutan Negara Desa Lokapaksa Buleleng, Petani Penggarap Lalu Dibina

Pasca mendapat keluhan dari warga, petugas gabungan yang terdiri dari Polhut, TNI-Polri,  UPT KPH Bali Utara, dan Camat melakukan peninjauan ke hutan

Istimewa
Camat Seririt saat meninjau hutan negara di Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt, yang dalam keadaan rusak akibat dikuliti dan dibakar bagian bongkolnya oleh oknum petani di desa setempat 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA – Pasca mendapat keluhan dari warga, petugas gabungan yang terdiri dari Polhut, TNI-Polri,  UPT KPH Bali Utara, dan Camat melakukan peninjauan ke hutan negara, yang terletak di Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt.

Hasilnya, petugas memang menemukan sejumlah pohon yang tumbuh di kawasan hutan tersebut dalam keadaan mati, akibat dikuliti dan dibakar bagian bongkolnya oleh oknum petani di desa setempat.

Namun demikian, tidak ada tindakan tegas yang diberikan.

Petugas hanya memberikan pembinaan, dan berharap para petani dapat memanfaatkan izin pengelolaan hutan tersebut dengan baik.

Baca juga: Puspaka Kembalikan Uang Sewa, Dugaan Korupsi Rumjab Mantan Sekda Buleleng

Camat Seririt, Nyoman Agus Tri Kartika Yuda dikonfirmasi Minggu 21 Maret 2021 mengatakan, peninjauan itu dilakukan oleh pihaknya pada Jumat kemarin di tiga lokasi hutan yang ada di Desa Lokapaksa.

Agus pun tidak menampik, saat melakukan peninjauan itu ada beberapa pohon yang ditemukan mati, akibat bagian batangnya dikuliti dan dibakar.

Selain itu pihaknya juga menemukan pencangkulan tanah yang dilakukan secara intensif, dengan tujuan untuk membuat terasering.

“Secara regulasi tindakan itu tidak diperbolehkan. Saat peninjauan, pelanggaran yang kami temukan tidak terlalu masif.

Artinya jumlah pohon yang dikuliti atau dibakar bagian batangnya tidak terlalu banyak.

Namun sekecil apapun pelanggaran tetap harus ditindaklanjuti, baik oleh Polhut dan KPH Bali Utara,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved