Breaking News:

Berita Bali

Simulasi dan Penerapan GeNose C-19 di Bandara Ngurah Rai Diundur? Ini Kata Pihak Angkasa Pura I

Rencana awal Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, akan melakukan simulasi GeNose C-19 pada Rabu 7 April 2021 esok, namun hal itu belum dapat

Dok. Corporate Communications PT. Angkasa Pura I (Persero).
ilustrasi - PT Angkasa Pura I (Persero) simulasikan penggunaan alat deteksi Covid-19 yakni GeNose C-19 di Yogyakarta Internasional Airport, Kamis 18 Maret 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Sejak Kamis 1 April 2021 lalu, alat deteksi Covid-19 buatan dalam negeri GeNose mulai diterapkan sebagai salah satu alat penyaringan (screening) kesehatan para pelaku perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara.

Baru empat Bandara di Indonesia yang memberikan fasilitas layanan GeNose C-19, diantaranya YIA Yogyakarta, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Husein Sastranegara Bandung, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Rencana awal Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, akan melakukan simulasi GeNose C-19 pada Rabu 7 April 2021 esok, namun hal itu belum dapat dilakukan atau mundur dari rencana.

"Mundur karena kondisi dan persiapan yang dilaksanakan," ujar Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira, saat dikonfirmasi tribunbali.com, Selasa 6 April 2021.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai Bali Mulai Pekan Depan, Empat Bandara Terapkan Layanan GeNose C-19

Lebih lanjut Taufan menyampaikan, kondisi saat ini dan persiapan yang dilakukan, rencana simulasi dan pelayanan GeNose C-19 di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali akan dilaksanakan berkisar tanggal 8-9 April 2021.

Jumlah mesin GeNose C-19 yang disediakan oleh Angkasa Pura I sebanyak 120 unit untuk ditempatkan di bandara-bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I

Untuk Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali direncanakan mendapatkan 8 sampai 14 mesin GeNose C-19.

Dan kantung tiup yang disediakan, direncanakan sebanyak 500-600 kantung setiap harinya, saat uji coba nanti akan disiapkan 150 kantung.

Rencananya lokasi layanan GeNose C-19 akan berada di tempat yang sebelumnya digunakan layanan Rapid Antigen di area publik terminal domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved