Breaking News:

Berlokasi di Tabanan, Warga Bisa Tukar Sampah dengan Beras Hingga Bumbu Dapur, Catat Waktunya

Karang Taruna Dharma Praja Mandala Desa Meliling bersama komunitas Plastik Exchange kembali menggelar aksi Tapa Kedas Tahanan Pangan Kesadaran dari

Istimewa
Selebaran informasi mengenai kegiatan penukaran sampah plastik mendapat beras dan minyak goreng oleh Karang Taruna Dharma Praja Mandala Desa Meliling bersama komunitas Plastik Exchange yang akan dilaksanakan di Balai Banjar Jagatamu, Desa Meliling, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan, Minggu 11 April 2021. 

TRIBUN-BALI,COM, TABANAN - Karang Taruna Dharma Praja Mandala Desa Meliling bersama komunitas Plastik Exchange kembali menggelar aksi Tapa Kedas (Tahanan Pangan Kesadaran dari aksi sampahh plastik).

Khusus untuk menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan, pihaknya akan menggelar tukar sampah plastik dengan beras namun juga minyak goreng di Banjar Jagatamu, Desa Meliling, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan, Minggu 11 April 2021 mendatang.

Dan kedepannya, pihaknya juga merancang akan menukar sampah plastik tak hanya beras melainkan bisa ditukar dengan buah-buahan, basa genep (bumbu lengkap), gula pasir dan lainnya.  

Dalam kegiatan ini, masyarakat bisa menukarkan sampah plastiknya ke pihak penyelenggara.

Banyak Pemedek Datang Hingga Timbulkan Tumpukan Sampah, Lestari Basuki Bersihkan Pura Besakih Bali

Skemanya adalah, warga cukup membawa sampah plastiknya secara swadaya ke balai banjar untuk di tukarkan dengan beras atau yang lainnya.

Jika sampah plastik lembaran katagorinya 4:1 (4 kg sampah bisa ditukar 1 kg beras), sedangkan untuk botol 5:1 (5 kg botol plastik mendapat 1 kg beras).

Ketua Karang Taruna Dharma Praja Mandala Desa Meliling, Wisnu D. Udayana menjelaskan, komunitas Plastic Exchange Tapa Kedas (Tahanan Pangan Kesadaran dari aksi samaph plastik) ini sudah melaksanakan kegiatan sebanyak lima kali.

Dan khusus untuk kegiatan ke-6 serangkaian Hari Raya Galungan, masyarakat tidak hanya bisa menerima beras, namun bisa juga menerima minyak goreng.

Pilu Wisatawan Asing di Bali: Mengais Sisa Makanan dari Tong Sampah hingga Mengemis di Pasar

Jika sampah plastik lembaran katagorinya 4:1 (4 kg sampah bisa ditukar 1 kg beras), sedangkan untuk botol 5:1 (5 kg botol plastik mendapat 1 kg beras).

"Khusus menyambut Hari Raya Galungan, kita ada sedikit perbedaan yakni warga bisa menukar sampah plastiknya dengan beras serta bahan lainnnya seperti minyak goreng," kata Wisnu saat dikonfirmasi Jumat 9 April 2021.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved