Breaking News:

Berita Klungkung

Potensi KKP Belum Tergarap Maksimal, Pemkab Klungkung Lirik Pengembangan Budidaya Komoditi Seafood

Kebutuhan akan komoditi seafood yang cukup tinggi, membuat emkab Klungkung mulai melirik pengembangan potensi kelautan dan pesisir.

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Noviana Windri
ist
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama OPD terkait sengaja menyambangi Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan di Dusun Gondol, Desa Penyabangan, Grogak, Kabupaten Buleleng, Sabtu 17 April 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Kebutuhan akan komoditi seafood yang cukup tinggi, membuat emkab Klungkung mulai melirik pengembangan potensi kelautan dan pesisir.

Terkait hal tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama OPD terkait sengaja menyambangi Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan di Dusun Gondol, Desa Penyabangan, Grogak, Kabupaten Buleleng, Sabtu 17 April 2021

Bupati Klungkung  I Nyoman Suwirta saat dikonfirmasi, Minggu 18 April 2021 menjelaskan, Status Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Nusa Penida tidak serta merta membuat segala potensi yang ada didalamnya bisa digarap maksimal.

Dikaitkan dengan perkembangan pariwisata, selain sebagai pusat diving dan snorkling, potensi perikanan dan kelautan juga harus dikembangkan untuk mendukung pariwisata terutama untuk kebutuhan seafood termasuk rumput laut

"Kebutuhan seafood sangat tinggi dengan perkembangan pariwisata saati ini dan juga sebagai peluang untuk masyarakat Nusa Penida dalam mengembangkan budidaya seafood sebagai mata pencaharian dan saling melengkapi untuk kebutuhan pariwisata," ujar Suwirta.

Terserang Penyakit, Rumput Laut di Banjar Nyuh Kukuh Nusa Penida Harus Dipanen Dini

Bupati Suwirta Harapkan Pemerintah Kanada Bisa Bantu Ekspor Rumput Laut Nusa Penida Klungkung

Sampah Pantai di Badung Bali Menurun, DLHK Sebut Sampah Kini Didominasi Rumput Laut

Untuk menggali potensi tersebut Bupati Suwirta didampingi Kaban Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Klungkung, Anak Agung Gede Lesmana, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, Dewa Ketut Sueta Negara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Klungkung, I Wayan Suteja, Kadis Pariwisata Kabupaten Klungkung, A.A Gede Putra Wedana mengunjungi Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan di Dusun Gondol, Desa Penyabangan, Grogak, Kabupaten Buleleng, Sabtu 17 April 2020. 

Selain itu, rombongan Pemkab Klungkung tersebut juga mengunjungi, pengusaha bibit bandeng dan krapu dan dilanjutkan ke PT. Sea Sixenergy Indonesia Pabrik Pengolahan Rumput Laut di Gerogak. Serta melihat langsung budidaya lobster yg dikelola oleh Gabungan Pengusaha Lobster Indonesia (GPLI).

Dari hasil kunjungan, Suwirta menugaskan OPD terkait untuk menindaklanjuti dengan segera merealisasikan denplot budidaya kepiting, udang dan krapu yang sudah dianggarkan. 

"Hari ini kami ingin tahu dan melihat langsung, agar apa yang kami mimpikan bisa terwujud untuk mengembangkan serta meningkatkan ekonomi di bidang kelautan segera bisa terwujud," ujar  Suwirta.

Pihaknya juga meminta bantuan kepadai tim ahli Balai Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan Gondol, Gabungan Pengusaha Lobster Indonesia dan Pengusaha bibit bandeng dan krapu  untuk ikut membantu pengembangan potensi tersebut

 "Mohon dukungan dan kerjasamanya serta memberi masukan untuk mengembangkan potensi laut di Nusa Penida," harap Suwirta.

Terkait, rumput laut bupati meminta  PT. Sea Sixenergy Indonesia Pabrik Pengolahan Rumput Laut menjalin kerjasama lewat koperasi, untuk bisa menangani rumput laut nusa penuda dari hulu sampai hilir.

 Suwirta Juga berharap agar perusahaan yamg mengolah rumput laut mentah, bisa mendirikan pabrik di Nusa Penida untuk memberikan manfaat mutualisme antara perusahaan dan petani. 

 Mudah-mudahan kunjungan hari ini meberikan solusi serta bisa menindaklanjuti perencanaan yang kita garap untuk menggali potensi Nusa Penida," harap Bupati asal Nusa Ceningan tersebut.

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved