Breaking News:

Berita Buleleng

Illegal Logging Terjadi di Kawasan Hutan TNBB, Polhut Ngaku Kerap Diancam dengan Senjata Tajam

Petugas menemukan empat pengendara motor keluar dari kawasan hutan, yang disinyalir usai menebang kayu sonokeling yang tumbuh di kawasan tersebut

Tribun Bali/Ratu Ayu Astri Desiani
Sejumlah pejabat penegak hukum saat melakukan pembahasan terkait kasus ilegal logging yang terjadi di kawasan hutan TNBB, Rabu (2/6/2021). Kasus ini menjadi perhatian khusus lantaran para pelaku kerap mengancam Polhut dengan senjata tajam 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA – Penebangan pohon secara liar atau illegal logging terjadi di kawasan hutan Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Kasus ini terjadi pada Minggu (27/5/2021) lalu.

Petugas menemukan empat pengendara motor keluar dari kawasan hutan, yang disinyalir usai menebang kayu sonokeling yang tumbuh di kawasan tersebut.

Apesnya petugas tak dapat menangkap para pelaku, lantaran berhasil melarikan diri.

Kondisi ini lantas membuat Kepala UPT KPH Bali Utara, I Ketut Suastika memohon bantuan Kodim 1609/Buleleng untuk membantu pihaknya mengungkap kasus illegal logging yang marak terjadi di wilayah tersebut.

Baca juga: Pengkab TI Buleleng Bakal Tambah Tempat Latihan

Berangkat dari laporan itu, Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Windra Lisrianto bersama sejumlah anggotanya terjun ke lokasi, hingga mendapati beberapa pohon jenis sonokeling yang ada di kawasan TNBB telah ditebang oleh sejumlah oknum.

Namun sayangnya, pihak TNI tidak memiliki kewenangan untuk mengungkap kasus tersebut.

Untuk itu, pada Rabu (2/6/2021) siang Dandim Listianto mengundang sejumlah pihak, mulai dari Kajari Buleleng, Kasat Reskrim Polres Buleleng, Kepala TNBB, UPT KPH Bali Utara, untuk membahas terkait kasus illegal logging ini.

Pertemuan ini difasilitasi oleh Ketua DPRD Buleleng, dan dilaksanakan di ruang rapat gabungan komisi kantor DPRD Buleleng.

Dalam pertemuan itu, Kepala UPT KPH Bali Utara I Ketut Suastika mengatakan, pada Minggu (27/5/2021) pihaknya menerima informasi adanya pengangkutan kayu dari dalam kawasan hutan TNBB, yang dilakukan oleh empat orang pengendara motor.

Berangkat dari informasi itu, pihaknya bersama Polisi Hutan (Polhut) KPH Bali Utara langsung mendatangi lokasi tersebut.

Halaman
123
Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved