Breaking News:

Berita Denpasar

Jalin Kerjasama Dengan BPD Bali, STIMIK Primakara Harap Dapat Jalankan Program Penguatan UMKM

STIMIK Primakara beberapa waktu lalu menjadi mitra Bank Pembangunan Daerah (BPD)  Bali dalam menyelenggarakan program webinar workshop

ist
Ketua STMIK Primakara, I Made Artana, S.Kom., M.M., bersama dengan Direktur Utama Bank BPD Bali Nyoman Sudharma, S.H., M.H., menandatangani MoU pada Jumat 4 Juni 2021 lalu di Kantor Bank BPD Bali, di Renon, Denpasar, Bali 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Salah satu kampus IT dan Bisnis Bali yang giat mendorong serta mendampingi UMKM, yakni STIMIK Primakara beberapa waktu lalu menjadi mitra Bank Pembangunan Daerah (BPD)  Bali dalam menyelenggarakan program webinar workshop, stimulus usaha serta program digitalisasi UMKM bertajuk 'UMKM Bangkit Bersama Bank BPD Bali'.

Acara tersebut merupakan serangkaian peringatan HUT ke-59 Bank BPD Bali.

Setelah sukses menjadi mitra dalam program tersebut, STMIK Primakara kemudian  menjalin kerjasama (MoU) dengan Bank BPD Bali dalam hal pendampingan dan digitalitasi UMKM di Bali. 

MoU ini sendiri ditandangani Ketua STMIK Primakara, I Made Artana, S.Kom., M.M., dengan Direktur Utama  Bank BPD Bali Nyoman Sudharma, S.H., M.H., pada Jumat 4 Juni 2021 lalu di Kantor Bank BPD Bali, di Renon, Denpasar, Bali. 

I Made Artana, S.Kom., M.M., kepada Tribun Bali menyampaikan bahwa chemistry pihak STMIK Primakara dan Bank BPD Bali telah terbangun serta berkeinginan untuk dapat bersinergi lebih jauh untuk memajukan UMKM di Bali.

Tahun 2020 Bank BPD Bali Berhasil Catatkan Laba  Rp521,8 M dengan Pembagian Dividen Rp469,6 M

Guna Membangkitkan Perekonomian, BPD Bali Berikan Dana Stimulus Usaha & Program Khusus Bagi UMKM

Dirinya juga menjelaskan bahwa STIMIK Primakara sebelumnya dipercaya menjadi mitra penyelenggara Pandemic Incubation Program (PIP) pertama di tahun 2020 dan yang kedua di tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar.

PIP ini sendiri merupakan program workshop, stimulus modal usaha dan pendampingan untuk mencetak pelaku UMKM baru di masa pandemi Covid-19.

Kemudian kolaborasi berlanjut ketika STIMIK Primakara  juga diajak bekerjasama menjalankan program 'UMKM Bali Bangkit Bersama Bank BPD Bali' yang digulirkan Bank BPD Bali dengan tujuan  mendorong digitalisasi UMKM di Bali.

"Jadi, sekarang sinergi dan koloborasi yang sudah berjalan kami kuatkan dengan MoU untuk bersama-sama menjalankan program penguatan UMKM," katanya ketika dikonfirmasi pada Rabu 9 Juni 2021. 

Ketika disinggung mengenai aksi nyata dan program riil dalam tindak lanjut MoU ini, I Made Artana, S.Kom., M.M., menjelaskan bentuk kegiatannya dapat bermacam-macam diantaranya pendampingan digitalisasi UMKM, pendataan UMKM, dan pembinaan UMKM dalam bentuk yang berbeda termasuk juga program-program untuk menumbuhkan pelaku UMKM baru atau wirausaha baru.

Menurutnya, adapun program terdekat sebagai tindak lanjut MoU dengan Bank BPD Bali ini, STMIK Primakara akan mendampingi 59 pelaku UMKM terpilih yang mendapatkan dana stimulus usaha masing-masing sebesar Rp 1 juta dalam program 'UMKM Bangkit Bersama Bank BPD Bali'.

"Kami harapkan tingkat keberhasilan pelaku UMKM penerima stimulus usaha ini bisa tinggi karena ada pendampingan," ungkapnya. 

Dirinya mengaku ingin gerakan pendampingan UMKM menjadi berbeda dengan sinergi dan kolaborasi yang kuat.

"Kami juga bercita-cita STMIK Primakara jadi episentrum, pusat dalam hal terkait startup, penumbuhan wirausaha baru, dan digitalisasi UMKM di Bali," tambahnya. (*) 

Penulis: Karsiani Putri
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved