Berita Tabanan

Tabanan Optimistis Vaksinasi Tuntas 10 Juli, Desa Buat Tim Saber Sisir Warga Tercecer

Pemerintah Kabupaten Tabanan akan mengerahkan seluruh desa untuk membentuk tim Saber (Sapu Bersih).

Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Suasana antrian warga yang akan melaksanakan vaksinasi di BRSU Tabanan, Jumat 18 Juni 2021 - BRSU Tabanan Layani Vaksinasi 250 Orang Sehari, Percepatan Vaksinasi Untuk Capai Herd Immunity 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN – Pemerintah Kabupaten Tabanan akan mengerahkan seluruh desa untuk membentuk tim Saber (Sapu Bersih).

Tugasnya nanti adalah untuk menyisir dan mendata warga yang belum atau bahkan menolak vaksinasi dengan alasan tidak jelas atau masih tercecer.

Di sisi lain, hingga saat ini Tabanan telah menyelesaikan 69 persen sasaran vaksinasi dan optimistis 10 Juli 2021 mendatang sudah menuntaskan program vaksinasi ini.

“Nanti di minggu-minggu ini sudah ada yang namanya Tim Saber (Sapu Bersih) Covid-19. Itu dari desa akan membuatnya,” kata Sekretaris Gugus Tugas Tabanan yang juga Sekda Tabanan, I Gede Susila saat dikonfirmasi, Senin 28 Juni 2021.

Baca juga: Polres Tabanan Semprotkan 24 Ribu Liter Cairan Eco Enzyme ke Sejumlah Fasilitas Umum

Dia menegaskan, vaksinasi untuk mengejar target 70 persen dari total jumlah penduduk sasaran vaksinasi masih terus digencarkan dan optimis bisa tercapai hingga 10 Juli 2021 mendatang.

Sebab, tim Saber ini nantinya akan menyisir sasaran vaksinasi yang masih tercecer.

Tercecer yang dimaksud kemungkinan karena faktor kesehatan yang tidak memenuhi syarat sebelumnya atau juga warga yang menolak.

“Melalui perbekel dan kepala wilayah akan menyisir yang tercecer dari vaksinasi. Jadi sekarang tinggal menyisir per desa yang ada. Jika nanti memang ada yang tercecer akan kelihatan nanti," tandasnya.

Baca juga: Proses Vaksinasi Covid-19 di Bali Molor dari Target, Ini yang Akan Dilakukan Gubernur Koster

Optimistis 10 Juli Tuntas Sesuai Target

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr Nyoman Suratmika menyebutkan, capaian vaksinasi di Tabanan sesuai dengan input data di Tabanan mencapai 69 persen, sedangkan di tingkat nasional Tabanan sudah terhitung 70 persen.

"Perbedaanya ini karena ada masyarakat Tabanan yang divaksin di luar Tabanan," tegasnya, Senin 28 Juni 2021. 

Untuk target 100 persen vaksinasi tahap I, kata dia, atau sesuai perintah Gubernur Bali 10 Juli mendatang optimistis dituntaskan.

Sebab, dari 20 puskesmas yang ada di Tabanan seluruhnya telah bergerak.

Ditambah serbuan vaksinasi dari TNI dan Polri menyasar desa yang belum divaksin sangat membantu.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Denpasar Dapat Bonus Sayur hingga Minuman, Targetkan 1.000 Orang

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved