Breaking News:

Kapal Tenggelam di Gilimanuk

Evaluasi Tenggelamnya KMP Yunicee di Selat Bali, Perbaikan Secara Sistemik Lebih Diperhatikan

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi, Drs. Dwi Yanto, turut dalam operasi SAR KRI Rigel -933 di perairan Gilimanuk

Dok. Penerangan Lanal Denpasar
Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, melaksanakan peninjauan lokasi tempat ditemukannya bangkai kapal KMP Yunicee yang berada dikedalaman kurang lebih 78 meter dengan menggunakan KRI Rigel-933 dan dibantu dengan KRI Singa-651, Kal Rajegwesi beserta prajurit Posal Gilimanuk, Jumat 2 Juli 2021. - Evaluasi Tenggelamnya KMP Yunicee di Selat Bali, Perbaikan Secara Sistemik Lebih Diperhatikan 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi, Drs. Dwi Yanto, turut dalam operasi SAR KRI Rigel -933 di perairan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Jumat 2 Juli 2021.

Di sela-sela operasi, pihaknya menyampaikan, berkaca dari kejadian ini, bakal melakukan perbaikan secara sistemik pada kapal-kapal yang beroperasi di pelabuhan Ketapang-Gilimanuk.

Kadishub Banyuwangi melaksanakan bersama Komandan Pangkalan TNI AL Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., Komandan Pangkalan TNI AL Banyuwangi, Letkol Laut (P) Eros Wasis, M.Tr.Han., CTMP, serta Komandan KRI Rigel-933 Letkol Laut (P) Jaenal Mutakim, S.T. M.Tr. Hanla.

"Dengan kejadian ini kita selaku Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi akan melaksanakan perbaikan secara sistemik pada standarisasi pelayanan minimal, pengecekan bagaimana kondisi usia kapal dan proses perawatan kapal selama dipakai," ujarnya.

Baca juga: Keluarga Mohon Wira Cepat Ditemukan, Danlanal Denpasar Pastikan KMP Yunicee Tidak Bergeser

Dengan demikian, pihaknya berharap kedepan dapat mengurangi hal-hal atau peristiwa yang tidak diinginkan serta menunjang keamanan penyeberangan terhadap para penumpang kapal.

"Dinas Perbuhubungan segera menindaklanjuti hal ini dengan melaksanakan evaluasi dan regulasi yang dapat memberikan jaminan keselamatan bagi para ABK maupun khususnya para penumpang," sebutnya.

Adapun pada operasi SAR hari keempat kemarin KRI Rigel- 933 TNI AL meninjau langsung titik ditemukannya bangkai kapal KMP Yunicee yang berada di kedalaman kurang lebih 78 meter dibantu dengan KRI Singa-651, KAL Rajegwesi, pada Jumat 2 Juli 2021.

Dengan posisi saat ini, KMP Yunicee berada pada jarak 1.65 km dari arah selatan pelabuhan Gilimanuk, sehingga tidak mengganggu jalannya alur penyeberangan dari pelabuhan Gilimanuk ke pelabuhan Ketapang atau sebaliknya.

Dalam kegiatan operasi SAR kali ini, KRI Rigel-933 TNI AL memastikan kondisi KMP Yunicee yang berada di kedalaman kurang lebih 78 meter tidak mengalami pergerseran lokasi awal, dengan kondisi kapal posisi duduk atau tidak terbalik, sama seperti awal dari pencarian awal.

Keluarga Korban KMP Yunicee Gelar Upakara di Pelabuhan Gilimanuk, Mohon Cepat Ditemukan

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved