Breaking News:

Berita Bali

BNPB Latih Relawan Bali Laporkan Distribusi Masker Melalui Aplikasi InaRISK Personal

BNPB melatih relawan Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali untuk memanfaatkan fitur Lapor Kegiatan yang ada di aplikasi inaRISK Personal

Istimewa
Pelatihan oleh BNPB di Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Kamis (19 Agustus 2021) kemarin 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, DENPASARBNPB melatih relawan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Bali untuk memanfaatkan fitur Lapor Kegiatan yang ada di aplikasi inaRISK Personal.

Fitur ini mempermudah pemantauan distribusi bantuan masker di tengah masyarakat. Fitur baru inaRISK Personal ini dapat mengoptimalkan target sasaran pendistribusian bantuan.

Tenaga ahli Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ridwan Yunus yang didampingi Ketua Bidang Relawan Satgas Penanganan Covid-19 Nasional Andre Rahardian menjelaskan manfaat penggunaan fitur Lapor Kegiatan yang dapat diakses melalui telepon pintar.

Baca juga: Penyemprotan Cairan Eco Enzyme Kini Menyasar Kota Gianyar, Libatkan Relawan dan Kepala Lingkungan 

Pembekalan inaRISK ini akan digunakan saat pendistribusian bantuan 500.000 masker dari BNPB kepada seluruh wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Bali.

"Setiap pembagian masker diharapkan bisa ditunjukkan evidence based, seperti lokasi, waktu dan foto distribusi bantuan. Dengan menggunakan fitur Lapor Kegiaran pembagian masker di aplikasi inaRISK personal," jelas Ridwan di Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Kamis (19 Agustus 2021) kemarin.

Baca juga: Bali Diminta Serius Tangani Covid, Jadi Tuan Rumah GPDRR yang Digelar PBB, Mei 2022

Dalam pelatihan yang diikuti oleh 27 relawan, Ridwan meminta mereka untuk mengunduh aplikasi inaRISK Personal yang ada di Google Playstore.

Para relawan dapat memanfaatkan aplikasi inaRISK yang berbasis android di saat mereka mendistribusikan bantuan masker di lapangan.

Laporan pembagian masker yang di-input oleh relawan ke dalam aplikasi akan langsung dimonitor melalui dashboard InaRISK di bawah koordinasi staf ahli gubernur bidang mitigasi bencana Gede Sudiarta.

Baca juga: Kegiatan Upacara Adat Minim Selama PPKM, Distributor Pakaian Adat Bali Ini Alami Penurunan Omzet 50%

Para relawan ini merupakan warga yang direkrut oleh Forum Pengurangan Risiko Bencana Bali.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved