Breaking News:

Berita Tabanan

Pemkab Tabanan Ajukan Rp 12 Miliar ke Pusat untuk Bangun Pabrik Porang di Desa Batungsel Pupuan

Dia mengatakan, untuk usulan proposal rencana revitalisasi sentra IKM pengelolaan umbi porang melalui DAK Fisik 2022 masih dalam proses

Penulis: I Made Prasetia Aryawan | Editor: Wema Satya Dinata
Istimewa
Suasana di salah satu kebun porang di Kabupaten Tabanan, belum lama ini.Pemkab Tabanan Ajukan Rp 12 Miliar ke Pusat untuk Bangun Pabrik Porang di Desa Batungsel Pupuan 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Pemkab Tabanan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan sedang mengusulkan proposal pembangunan pabrik pengolahan porang lewat Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022.

Rencananya, pabrik ini nantinya akan dibangun di daerah Desa Batungsel, Kecamatan Pupuan.

Saat ini, pengusulan tersebut sedang dalam proses perbaikan RAB (Rencana Pembiayaan Anggaran).

"Untuk tahap awal, rencana ini sudah diterima termasuk juga RABnya. Hanya saja saat ini masih ada yang perlu dioptimalkan," kata Kepala Bidang Industri Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tabanan, Anak Agung Mirah Ariani Senin 30 Agustus 2021.

Baca juga: Petani Luruskan Hoaks Porang, Ketua Forum Petani Muda Bali: Harapan Kami Porang Bisa Diekspor

Dia mengatakan, untuk usulan proposal rencana revitalisasi sentra IKM pengelolaan umbi porang melalui DAK Fisik 2022 masih dalam proses.

Kemudian untuk RAB, setidaknya Tabanan telah mengajukan Rp 12 Miliar untuk pembangunan gedung dan pengadaan mesin nantinya.

Hanya saja, saran dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan pada pertemuan sebelumnya, usulan anggaran diminta lebih besar maksimal Rp 17 miliar.

Hal itu disebabkan untuk membuat anggaran cadangan agar nantinya bisa mengembangkan tanaman porang di sekitar lahan pabrik itu dibangun.

Selain itu nantinya juga akan bermanfaat bagi masyarakat dalam hal edukasi.

"Usulan RAB ini baru tahap awal, kita diminta untuk merubah lagi maksimal Rp 17 miliar," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved