Breaking News:

Berita Denpasar

HUT ke-76 TNI AL, Mengenal Satuan Babinpotmar Lanal Denpasar dan Tugasnya di Masa Pandemi Covid-19

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, menjelaskan keberadaan Babinpotmar

Penulis: Adrian Amurwonegoro | Editor: Irma Budiarti
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Kegiatan vaksinasi Covid-19 oleh Lanal Denpasar secara jemput bola mendatangi ABK yang berada di perairan Serangan, Sabtu 28 Agustus 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Babinpotmar TNI AL adalah Bintara Pembina Potensi Maritim, mereka bertugas melaksanakan fungsi pembinaan potensi maritim dan melatih rakyat dalam penyuluhan bidang pertahanan laut serta pengawasan fasilitas dan prasarana pertahanan di pesisir.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, menjelaskan keberadaan Babinpotmar di jajaran satuan TNI Angkatan Laut sampai ke wilayah posal memiliki peran sangat penting.

"Selain sebagai prajurit terdepan yang bersosialisasi langsung dengan masyarakat maritim di desa pesisir, di wilayah perbatasan dan pulau-pulau kecil terluar.

Juga memiliki fungsi dan tugas yang penting dalam pengumpulan data potensi maritim," terang Danlanal Denpasar dalam keterangan tertulis kepada Tribun Bali, Sabtu 11 September 2021.

Baca juga: Rayakan HUT ke-76 TNI AL, Lanal Denpasar Fokuskan Giat Kerohanian

Menurut dia, eksistensi seorang Babinpotmar adalah sebagai ujung tombak TNI Angkatan Laut dalam hal pembinaan masyarakat maritim.

Desa pesisir maupun dalam pengelolaan industri jasa maritim di wilayah dan ini merupakan syarat mutlak bagi keberhasilan pembinaan potensi maritim di masa yang akan datang.

Guna menciptakan Kamtibmas di masa pandemi Covid-19 ini, Babinpotmar juga gencar memberikan imbauan untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Para Babinpotmar di wilayah kerja Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar, terutama di Pos Pos TNI AL dengan gencar terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Tentang pentingnya menjaga Kesehatan dan mematuhi protocol Kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah," paparnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved