Breaking News:

Azis Syamsuddin Ditahan KPK

Nama Azis Syamsuddin di Pusaran Korupsi, Pernah Disebut di Kasus Simulator SIM dan Djoko Tjandra

Nama Azis Syamsuddin kerap muncul dalam sejumlah kasus korupsi, dua kali muncul di persidangan kasus korupsi.

Editor: Bambang Wiyono
kompas.com
Azis Syamsuddin kenakan rompi tahanan dan diborgol saat di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (25/9/2021) dini hari. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Karir politik Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin harus berhenti di balik jeruji besi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah ditetapkan sebagai tersangka supa kemudian ditahan.

KPK menetapkan Azis Syamsuddin sebagai tersangka saat menggelar konferensi pers di Gedung Merah Putih, Kuningan, Jakarta, Sabtu (25/9/2021).

Azis Syamsuddin diduga memberi suap kepada penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju. Robin kini sudah dipecat KPK setelah berstatus tersangka suap penanganan perkara.

Baca juga: Azis Syamsuddin Ditahan KPK, Golkar Siapkan Pengganti Jadi Wakil Ketua DPR RI

Uang pelicin itu diduga diberikan Azis Syamsuddin untuk mengurus perkara di Lampung Tengah yang menyeret namanya dan kader Partai Golkar lainnya yaitu Aliza Gunado.

“Sebagaimana komitmen awal pemberian uang dari AZ kepada SRP dan MH sebesar Rp 4 Miliar, yang telah direalisasikan baru sejumlah Rp 3,1 Miliar,” ucap Ketua KPK Firli Bahuri saat konferensi pers berlangsung.

Sebelumnya nama Azis Syamsuddin juga kerap muncul dalam sejumlah kasus korupsi. Nama Azis Syamsuddin dua kali muncul di persidangan kasus korupsi.

Selain itu, nama Azis Syamsuddin juga sempat muncul saat disebut mempertemukan Robin Pattuju dengan Wali Kota Tanjungbalai nonaktif M. Syahrial.

Dalam pertemuan tersebut, M Syahrial meminta Robin Pattuju agar kasus jual beli jabatan di Pemkot Tanjungbalai yang dproses KPK tak naik ke tingkat penyidikan.

Kompas.com merangkum kasus-kasus korupsi yang di dalamnya disebut nama Azis Syamsudiin. Berikut paparannya.

Baca juga: FOTO-foto Azis Syamsuddin Tiba di Gedung KPK

Korupsi pengadaan simulator SIM

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved