Breaking News:

Berita Gianyar

Kerajinan di Gianyar Harus Naik Kelas, Menparekraf Sandiaga Dorong UMKM Bangkit

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mendorong, dan menggerakan perekominan masyarakat

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Karsiani Putri
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Menparekraf saat memainkan alat musik dan bernyanyi bersama Balawan sebelum mengisi kegiatan Pengembangan KaTa Kreatif Indonesia Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif Gianyar, Bali, Sabtu 25 September 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mendorong, dan menggerakan perekominan masyarakat dengan mendorong UMKM untuk bangkit dan naik kelas di masa pandemik yang sedang melanda ini.

Berbagai cara dan usaha untuk kembali meningkatkan dan menstabilkan perekonomian. Salah satunya adalah dengan pendampingan dan pelatihan secara offline dan online.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali menyimpan banyak potensi dan sangat kaya dengan atraksi pariwisata serta budaya, mulai dari keindahan alam, kesenian dan wisata kuliner.

Pihaknya sangat mendukung pelestarian alam dan budaya serta kesejahteraan di Kabupaten Gianyar.

Kemenparekraf mendorong pemerintah daerah untuk mendorong masyarakat untuk ikut dalam program-program Kemenparekraf seperti Desa Wisata, Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif, Program Pengembangan SDM, Baparekraf for Startup (BEKUP), Bantuan Insentif Pemerintah (BIP), BEDAKAN (Bedah Desain Kuliner Nusantara), BEGERAK (Bedah Gerai Kuliner), Inkubasi Fesyen & Kriya.

Kemenparekraf bekerjasama dengan institusi lainnya mendorong pengembangan infrastruktur di destinasi pariwisata.

"Di Kabupetan Gianyar tentunya kita sudah tahu, di sini banyak sekali kerajinan yang bisa dikembangkan dan naik kelas menjadi tingkat internasional,” kata Sandiaga, saat mengisi kegiatan Pengembangan KaTa Kreatif Indonesia Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif Gianyar, di The Bali Purnati Center For The Arts, Sabtu (25/9).

Sebelum memberikan motivasi peningkatan inovasi dan kewirausahaan kepada peserta workshop, Sandiaga sempat unjuk gigi bermain gitar dan bernyanyi bersama musisi Balawan dengan menyanyikan lagu berjudul Ku Tak Bisa dari Slank.

Sandiaga mengatakan, pihaknya akan menggelar workshop yang membahas peningkatan kualitas hasil kerajinan di Kabupaten Gianyar sehingga kualitas produksi kerajinan bisa terus naik kelas. Hingga akhirnya bisa bersaing di kancah internasional.

“Ada pelaku profesional yang akan kita undang untuk meningkatkan kualitas para perajin, sehingga akan ada peningkatan baik secara kulitas dan juga kuantitasnya,” tegasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved