Breaking News:

Berita Klungkung

Kasus LPD Ped, Inspektorat Klungkung Butuh Waktu Lebih Hitung Kerugian Negara

Inspektorat Klungkung mengalami beberapa kendala, sehingga permintaan audit kerugian negara terkait dugaan kasus korupsi di LPD Desa Ped tidak kunjung

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Inspektur Daerah Klungkung I Made Seger 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNGInspektorat Klungkung mengalami beberapa kendala, sehingga permintaan audit kerugian negara terkait dugaan kasus korupsi di LPD Desa Ped tidak kunjung rampung.

Mulai dari terbatasnya jumlah auditor, hingga rumitnya item kegiatan yang membuat perhitungan kerugian negara terkait kasus itu membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Inspektur Daerah Klungkung I Made Seger menjelaskan, permintaan audit kerugian negara terhadap dugaan kasus korupsi di LPD Desa Ped itu diterimanya sekitar 2 bulan lalu.

Baca juga: Laksanakan Patroli Malam, Sat Samapta Polres Klungkung Beri Imbauan Prokes ke Tempat Keramaian

Namun permasalahan di LPD Desa Ped tersebut cukup pelik.

Dari 1 kasus itu, terdapat 8 kegiatan yang membutuhkan waktu untuk dilakukan penghitungan.

" Dalam satu kasus itu, ada 8 kegiatan yang kami audit. Ada masalah kredit macet, dengan jaminan tanah yang penelusurannya cukup rumit. Belum lagi audit biaya lain seperti pesangon, outbond, tirtayatra, dan lainnya."

"Tapi perhitungan kerugian negara dalam kasus ini sudah berjalan, hanya memang butuh waktu karena masalahnya cukup pelik," ungkap Made Seger, Jumat 15 Oktober 2021 .

Selain itu Inspektorat Klungkung tidak menampik jika ada beberapa kendala internal yang juga menghambat perhitungan kerugian negara itu.

Baca juga: Dugaan Korupsi di LPD Desa Adat Ped, Penyidik Kejari Klungkung Temukan Kredit Topengan Rp 2,5 Miliar

Misalnya jumlah auditor di Inspektorat Klungkung terbatas, apalagi untuk menghitung kerugian negara harus punya sertifikat khusus.

Menurut Made Seger, menghitung kerugian negara memerlukan kecermatan dan keahlian khusus. Sementara itu, pekerjaan lain di Inspektorat juga sedang menumpuk.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved