Breaking News:

Berita Denpasar

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Terapkan QRIS untuk Pembayaran Bea Cukai Pertama

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali bersama dengan Kantor Wilayah Bea Cukai Bali Nusra dan Bank Mandiri

Ni Luh Putu Wahyuni Sari
Acara launching Digitalisasi Pembayaran Berbasis QRIS di Kawasan Bea Cukai Ngurai Rai, Kamis 28 Oktober 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali bersama dengan Kantor Wilayah Bea Cukai Bali Nusra dan Bank Mandiri mengadakan launching Digitalisasi Pembayaran Berbasis QRIS di Kawasan Bea Cukai Ngurai Rai.

Baca juga: SEGERA DAFTAR! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 22 Akan Ditutup Malam Ini

Baca juga: Daya Beli Lebih Tinggi dari Wisnus, BI Bali Berharap Wisman Lebih Banyak Berkunjung

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Trisno Nugroho ketika dikonfirmasi mengatakan kegiatan tersebut juga dihadiri pegawai di kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk melakukan first experience QRIS

"Dimana, nantinya berupa pembayaran pungutan negara di bidang kepabeanan atas Barang Bawaan Penumpang yang baru datang dari Luar Daerah Pabean (Luar Negeri) yang nilai barangnya melebihi fasilitas pembebasan yang telah ditentukan," ungkapnya pada Kamis 28 Oktober 2021.

Baca juga: BI Beri Sinyal Kurangi Likuiditas Tahun Depan

Baca juga: Guna Menggencarkan Digitalisasi Sistem Pembayaran, BI Bali Kenalkan QRIS dan SNAP Antar Negara

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke lokasi pelayanan bea cukai yang menjadi titik penempatan QRIS.

Terdapat dua titik penempatan QRIS, yakni di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Ngurah Rai dan di dalam Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

"Keberhasilan ini akan direplikasi di seluruh kantor-kantor Bea Cukai di bawah Kantor Wilayah Bea Cukai Bali dan Nusa Tenggara, dan harapannya dapat menginspirasi badan publik lainnya di Bali maupun luar daerah untuk menerapkan QRIS tidak hanya sebagai prasyarat untuk transformasi digital, tetapi juga sebagai akselerator dan re-aktivator untuk mendukung pemulihan ekonomi Bali dan Nasional," tambahnya. 

Baca juga: Pemerintah Kota Denpasar Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Baca juga: Daftar Bank yang Akan Menerapkan Tarif Rp 2.500 untuk Transaksi Transfer Antar Bank

 
Kegiatan ini juga sebagai seremoni keberhasilan menjadikan Bea Cukai pertama di Indonesia yang menerapkan digitalisasi pembayaran berbasis QRIS.

Selain itu turut hadir dalam acara tersebut yakni Komisi XI DPR RI, Wakil Gubernur Provinsi Bali, Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Bali dan Nusa Tenggara, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Ngurah Rai.

Serta Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah IV, Regional CEO Bank Mandiri Bali dan Nusa Tenggara, dan perwakilan General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

(*) 

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved