Breaking News:

Berita Klungkung

Terminal Galiran Jadi Tempat Inap Pedagang Bermobil, Klungkung Siapkan Perda untuk Tarik Retribusi

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjelaskan, disusunnya  ranperda tersebut dilatarbelakangi dari maraknya para pedagang bermobil yang parkir

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Para pedagang bermobil yang memarkir kendaraannya di Terminal Galiran Klungkung. Jika disepakati dewan, mobil-mobil tersebut akan dikenakan retribusi sesuai Ranperda Nomor 13 Tahun 2012 tentang Retribusi Tempat Khusus Parkir. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Terminal Galiran Klungkung dimanfaatkan oleh para pedagang bermobil untuk aktivitas bongkar muat. Bahkan pedagang bermobil itu sampai menginap berhari-hari di terminal.

Melihat situasi ini, Pemkab dan DPRD tengah membahas Ranperda, untuk dapat memungut retribusi terhadap para pedagang bermobil tersebut.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjelaskan, disusunnya  ranperda tersebut dilatarbelakangi dari maraknya para pedagang bermobil yang parkir di Terminal Galiran.

Area terminal yang sebelumnya untuk angkutan umum, justru dijadikan tempat bongkar muat barang oleh para pedagang bermobil tersebut, dan tidak jarang mobil-mobil itu sampai menginap berhari-hari di terminal.

Baca juga: Dilantik di TOSS Klungkung,11 Perbekel Diminta Fokus Layani Masyarakat & Tak Berlagak Jadi Politikus

Sementara Pemda belum bisa memungut retribusi parkir untuk mobil parkir berhari-hari di terminal, karena belum adanya payung hukum yang menangungi.

" Kami amati selama ini banyak kendaraan yang bukan angkutan umum, parkir di Terminal Galiran.

Bahkan banyak juga yang sampai menginap kendaraannya.

Dengan ranperda ini, kita bisa atur kendaraan yang parkir di terminal itu sesuai keadaan yang sebenarnya dan maksimalkan retribusi untuk pendapatan daerah," ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Rabu (17/11/2021).

Selain pedagang bermobil, bahkan pihaknya sempat menerima laporan adanya alat berat yang berhari-hari menginap di terminal.

Selain mengatur tempat parkir khusus di Terminal Galiran, ini juga mengatur parkir mobil pariwisata di timur Destinasi Wisata Kertagosa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved