Berita Tabanan

Puskeswan Gelar Vaksinasi Darurat dan Ambil Sampel Otak, Belum Tetapkan Status KLB Rabies di Tabanan

Puskeswan Gelar Vaksinasi Darurat dan Ambil Sampel Otak *Buntut Kasus Gigitan Anjing Rabies di Pupuan *Belum Ada Penetapan Status KLB Rabies

istimewa
Sebanyak 48 ekor anjing peliharaan berhasil divaksin dalam kegiatan vaksinasi rabies darurat di Banjar Semoja, Desa/Kecamatan Pupuan, Tabanan, Jumat 27 Mei 2022. 

TRIBUN-BALI.COM - Sebanyak 48 ekor anjing peliharaan berhasil divaksin dalam kegiatan vaksinasi rabies darurat di Banjar Semoja, Desa/Kecamatan Pupuan, Tabanan, Jumat 27 Mei 2022.

Selain vaksinasi, petugas dari Tim Puskeswan 3 Tabanan juga melakukan penyisiran anjing liar dan eliminasi.

Vaksinasi rabies juga akan dilanjutkan pada Senin 30.Mei 2022 mendatang dengan sasaran di tiga banjar lainnya.

"Sesuai koordinasi, hari iji kita sudah gelar vaksinasi ravies menyusul adanya kasus gigitn anjing rabies.  Total ada 48 ekor anjing peliharaan yang kita vaksin," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Tabanan, Gde Eka Parta Ariana saat dikonfirmasi Junat 27 Mei 2022.

Dia melanjutkan, vaksinasi tidak hnya dilakukan hari ini melainkan akam berlanjut pada Senin mendatang. Sasaran nantinya akan vaksinasi anjing di tiga banjar lainnya di Desa Pupuan atau banjar yang bersebelahan dengan Banjar Semoja (TKP).

Baca juga: Akibat Sikap Acuh Rezky Aditya, Wenny Ariani Akui Kekey Alami Gangguan Psikologi

Baca juga: Jenazah Made Redun, Pria yang Tenggelam di Dam Denpasar Dikebumikan Sore Ini 

Baca juga: 6 Arti Mimpi Bulan Sabit, Keberuntungan akan Datang dalam Karir, Berbahagialah!

"Kita juga lakukan pemeriksaan dan eliminasi untuk pengambilan sampel otak dilanjutkan pemeriksaan di lab," tegasnya sembari menyebutkan selama pelaksanaan juga dibantu oleh pihak TNI dan Polri.

Bagaimana dengan vaksinasi massal? Gde Eka menyebutkan masih belum bisa terlaksana karena kiriman vaksin dari provinsi belum datang.

"Kita masih menunggu bantuan vaksin dari provinsi, mungkin sedang berproses. Tapi jika sudah datang kita akan langsung action," ungkapnya.

Belum Ada Status KLB Rabies

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian (Distan) Tabanan, Gde Eka Parta Ariana menegaskan, hingga saat ini kasus rabies di Tabanan belum ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB). Sebab, di Tabanan baeu terjadi peningkatan kasus aaja dan baru terjadi pada hewan saja.

"Belum (KLB). Itu karena kasusnya belum ada peningkatan signifikan dan baru terjadi atu ditemukan pada hewan saja," tandasnya.

Foto Dinas Pertanian : Petugas dari UPTD Puskeswan 3 Tabanan saat melakukan vaksinasi rabies darurat di Banjar Semoja, Desa/Kecamatan Pupuan, Tabanan, Junat 27 Mei 2022.

BERITA LAINNYA

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved