Tips Kesehatan

Manfaat Rapikan Tempat Tidur untuk Kesehatan Mental, Bisa Mengurangi Stres

Dalam buku Make Your Bed: Little Things That Can Change Your Life, sang penulis bernama William H. McRaven mengatakan memulai hari dengan merapikan

Istimewa
Ilustrasi merapikan tempat tidur 

TRIBUN-BALI.COM - Merapikan tempat tidur segera setelah bangun ternyata baik untuk kesehatan mental.

Dalam buku Make Your Bed: Little Things That Can Change Your Life, sang penulis bernama William H. McRaven mengatakan memulai hari dengan merapikan tempat tidur adalah tanda bahwa seseorang siap menerima kesuksesan.

Pendapat ini berasal dari teori bahwa merapikan tempat tidur artinya seseorang berhasil mengalahkan rasa malas untuk mengerjakan sesuatu yang positif.

Baca juga: Kenali, Penyebab Berat Badan Naik saat Stres, Termasuk Malas Gerak

Dilansir dari Healthline, sebuah studi menunjukkan lebih banyak orang merapikan tempat tidur setelah bangun, daripada yang tidak.

Faktanya ini juga didukung National Sleep Foundation's Bedroom Poll, di mana sebanyak 70 % responden mengaku merapikan tempat tidur mereka setiap pagi.

Faktor usia dan gaya hidup juga berperan dalam kebiasaan merapikan tempat tidur ini.

Studi itu menemukan bahwa mereka yang berusia di atas 40 tahun dan hidup dengan pasangan yang romantis, lebih cenderung merapikan tempat tidur sebelum memulai aktivitas.

Baca juga: Cara Merawat Wajah Agar Sehat dan Glowing, Salah Satunya Kelola Stres

Banyak orang berpikir merapikan tempat tidur sebenarnya buang-buang waktu, karena kita pun akan kembali tidur di malam hari.

Namun bagi banyak orang, merapikan tempat tidur di pagi hari lebih dari sekadar tugas atau sekadar cara untuk menjaga kamar tetap rapi.

Sebaliknya ini adalah cara untuk memulai pagi dengan cara yang terorganisir, yang membantu seseorang untuk memanfaatkan hari sebaik mungkin.

Merapikan tempat tidur juga adalah bagaimana seseorang menetapkan niatnya untuk melakukan hal-hal kecil yang membawa keteraturan, lebih bertanggung jawab dan seimbang.

Baca juga: 4 Cara Menjaga Kesehatan Mental, JAUHI Media Sosial

Tak hanya itu, ada juga beberapa manfaat positif rutin merapikan tempat tidur dengan kesehatan mental.

Di antaranya memberi rasa tenang, meningkatkan kualitas tidur, lebih terorganisir, meningkatkan fokus, relaksasi, bahkan mengurangi stres.

Meskipun belum ada banyak penelitian yang secara khusus meneliti efek merapikan tempat tidur, namun ada banyak bukti menunjukkan hubungan antara hidup dan bekerja di lingkungan terorganisir.

Baca juga: Instant Karma Usung Isu Kesehatan Mental di Album Through This Suffering

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved