Berita Klungkung

Pasca Kenaikan Harga BBM, Tarif Fast Boat Menuju Nusa Penida Terancam Ikut Naik 

Kenaikan harga BBM bersubsidi jenis Pertalite, berimbas pada tarif fast boat (boat cepat) dari Bali menuju ke Nusa Penida dan sebaliknya.

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Suasana penyebrangan dari Pelabuhan Tribuhana Kusamba menuju Nusa Penida dengan fast boat belum lama ini. Tarif fast boat menuju Nusa Penida terancam naik, dampak dari kenaikan bbm. 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Kenaikan harga BBM bersubsidi jenis Pertalite, berimbas pada tarif fast boat (boat cepat) dari Bali menuju ke Nusa Penida dan sebaliknya.

Akibat kenaikan harga BBM ini, tarif penyebarangan dari Bali Daratan menuju Nusa Penida juga terancam naik.


Kepala Dinas Perhubungan Klungkung I Nyoman Sucitra menjelaskan, rencana kenaikan tarif fast boat dari Pelabuhan di Pesisir Kesamba (Bali Daratan) menuju Nusa Penida dan sebaliknya sebenarnya sudah dibahas 3 minggu lalu.

Baca juga: Warga Panik Lihat Kepulan Asap Pekat, Gudang Barang Bekas di Desa Tihingan Klungkung Ludes Terbakar

Menyusul kenaikan biaya operasional akibat pengalihan penggunaan premium menjadi pertalite.


Namun tarif baru belum disepakati, pemerintah pusat memutuskan menaikan harga BBM jenis Pertalite dari 7.650 per liter menjadi Rp10.000 per liter. Sehingga kenaikan tarif fast boat ini sulit dihindari.


"Kalau tifak dilakukan penyesuaian tarif seiring kenaikan BBM, berpotensi tidak nutup biaya operasional. Mulai biaya berlayar, sandar, dan lainnya," ujar Sucitra, Minggu (4/9/2022).


Menurutnya tarif fast boat sebenarnya tidak diatur dalam perda, namun tetap mengacu pada peraturan kementerian. Tarif nantinya akan ditentukan oleh pengelola fast boat.


Terkait rencana kenaikan tarif ini, Dishub Klungkung hanya memfasilitasi dengan bersurat kepada masing-masing pengelola fast boat, untuk memberikan gambaran biaya operasional dan berapa nilai dari kenaikan tarif tersebut. 


"Para pengelola fast boat sudah menjawab surat tersebut, rata-rata mengusulkan kenaikan tarif sebesar Rp20 ribu," ungkapnya.

Baca juga: Efek Domino Kenaikan BBM, Tarif Penyebrangan Padang Bai Diperkirakan Akan Disesuaikan


Jika nanti usulan nilai kenaikan itu disepakati, tarif fast boat dari Kusamba menuju ke Nusa Penida dan sebaliknya dari awalnya Rp50 ribu per orang menjadi Rp70 ribu per orang.


Sementara dari Kusamba menuju  Nusa Ceningan dari Rp65 ribu perorang, naik menjadi Rp 85 ribu per orang.


"Nanti segera kita kumpulkan pengelola fast boat mengenai berapa kesepakatan kenaikan tarifnya, setelah disepakati berapa nilainya baru ditetapkan oleh bupati," jelas Sucitra. (*)

 

 

Berita lainnya di Berita Klungkung

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved