Berita Jembrana

Tunggu Hasil Nekropsi, Paus Terdampar di Pengambengan Jembrana Dipastikan Bukan Korban Perburuan

Satuan Kerja (Satker) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Jembrana mengungkapkan seekor paus yang terdampar di Pantai Muara Indah

Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Petugas Satuan Kerja (Satker) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Jembrana, Andri Purna Jatmiko saat memberikan keterangan di kantornya, Senin 19 September 2022. 

TRIBUN-BALI.COM, JEMBRANA - Satuan Kerja (Satker) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan ( PSDKP) Jembrana mengungkapkan seekor paus yang terdampar di Pantai Muara Indah, Desa Pengambengan belum lama ini dipastikan bukan menjadi korban perburuan.

Namun, diduga sebagai korban serangan predator lain di lautan.

Hingga kini, pemeriksaan dengan cara nekropsi terhadap paus jenis kepala melon ini masih menunggu hasilnya.


Menurut informasi yang diperoleh, pada tubuh seekor paus yang memiliki panjang sekitar 2,5 meter ini ditemukan sejumlah luka. Sedikitnya ditemukan 6 luka ada tubuh paus itu. 

Baca juga: Kejari Jembrana Tangani 10 Perkara PPA, Meningkat Hampir 3 Kali Lipat dari 2021


Petugas Satuan Kerja (Satker) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan ( PSDKP) Jembrana, Andri Purna Jatmiko mengatakan, sesuai dengan hasil pemeriksaan awal terhadap seekor paus yang terdampak memang ditemukan sejumlah luka.

Namun, luka tersebut bukan karena hasil perburuan. 


"Bukan perburuan, tapi diduga karena serangan predator di lautan," kata Andri saat dikonfirmasi, Senin 19 September 2022.


Dia melanjutkan, sejak ditemukan pihak petugas langsung melakukan penanganan. Salah satunya adalah dengan melakukan nekropsi atau bedah hewan mengingat paus jenis kepala melon ini dilindungi secara hukum.

Baca juga: Jalan Tol Jagat Kerthi Bali Beri Dampak Ekonomi bagi Jembrana dan Tabanan


"Nah untuk hasilnya (nekropsi) memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena untuk identifikasi," tandasnya.


Sebelumnya, puluhan warga tampak berkumpul di Pantai Muara Indah, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana, Jumat 16 September 2022 sore.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved