Berita Klungkung

Tarif Air di Klungkung Diusulkan Naik Menjadi Rp3000 per Meter Kubik

Perumda Panca Mahottama Klungkung mengusulkan penyesuaian tarif air. Hal ini menyusul naiknya tarif dasar listrik, yang membuat biaya operasional

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Dirut Perumda Panca Mahottama I Nyoman Renin. 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Perumda Panca Mahottama Klungkung mengusulkan penyesuaian tarif air.

Hal ini menyusul naiknya tarif dasar listrik, yang membuat biaya operasional semakin tinggi, bahkan tidak sebanding dengan harga jual.

Apalagi sejak tahun 2009, PDAM Klungkung sama sekali belum pernah melakukan penyesuaian tarif.


Dirut Perumda Panca Mahottama I Nyoman Renin Suyasa menjelaskan, pihaknya telah mengusulkan rencana penyesuaian tarif ke Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta selaku KPM (Kuasa Pemilik Modal) pada 26 Juli 2022.

Baca juga: 1055 Pelaku UMKM di Klungkung Diusulkan Terima BLT, Pelaku UMKM: Harus Adil dan Merata


Usulan penyesuain tarif yang diusulkan dari tarif air saat inu yakni Rp 1.400 per meter kubik menjadi Rp 3.000 per meter kubik.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta pun memiliki waktu paling lambat November 2022, untuk mengkaji dan memutuskan usulan ini.


"Setiap tahun kita diharuskan mengajukan penyesuaian tarif sesuai Permendagri Nomor 21 Tahun 2020 tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum, yang mengamanatkan harus mengajukan setiap tahun kepada KPM mengenai penyesuaian tarif," kata Renin.


Angka kenaikan menjadi Rp3000 meter kubik tersebut, sudah berdasarkan ketentuan dan melihat kemampuan bayar masyarakat Klungkung yaitu 4 persen dari UMK (Upah Minimum Kabupaten).

Baca juga: Penerimaan Tamtama Polri, Kabag SDM Polres Klungkung Ingatkan Warga Jangan Percaya Bantuan Calo


Padahal regulasi penyesuaian tarif ini juga telag diatur dalam Keputusan Gubernur Bali Nomor 826/01-1/HK/2021 tentang Besaran Tarif Batas Bawah dan tarif Batas Atas Air Minum Kabupaten/Kota se-Bali. Untuk tarif dasar batas bawah air diatur Rp 3.850 per meter kubik, sedangkan tarif batas atas sebesar Rp 10.000 per kubik. 


"Sampai saat ini, tarif air di Klungkung memang masih paling murah di Bali," jelas Renin.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved