Berita Buleleng

Terlibat Edarkan Tiga Jenis Narkoba, Dua Karyawan Hotel di Bali Dijerat Pasal Berlapis

Ichas Dwi Krisna (20) dan Yohan Maical Frederik Posumah (19) telah menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

www.klikpositif.com
Ilustrasi sabu - Terlibat Edarkan Tiga Jenis Narkoba, Dua Karyawan Hotel di Bali Dijerat Pasal Berlapis 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Ichas Dwi Krisna (20) dan Yohan Maical Frederik Posumah (19) telah menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

Kedua terdakwa yang merupakan karyawan hotel di Bali ini dijerat pasal berlapis, karena diduga terlibat meng edarkan narkoba jenis sabu, ganja dan ekstasi.

Atas perbuatannya, Ichas dan Yohan pun terancam pidana penjara selama 20 tahun, sebagaiman dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JP). 

Baca juga: Putu Adi Diganjar Bui 6 Tahun, Setelah Nekat Jadi Pengedar Sabu-sabu di Denpasar, Simak Beritanya!


"Sidang terhadap kedua terdakwa sudah berjalan, mulai dari dakwaan, pemeriksaan saksi-saksi hingga pemeriksaan keterangan kedua terdakwa," jelas Aprianus Kabubu Pajanji selaku penasihat hukum terdakwa Ichas, Jumat, 2 Desember 2022.


Setelah itu kata Apris, sidang akan dilanjutkan dengan pembacaan surat tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JP). "Untuk sidang tuntutan JPU dijadwalkan minggu depan oleh majelis hakim," ungkapnya. 

Baca juga: Kejari Tabanan Musnahkan 45 Gram Sabu hingga Buku Tafsir Mimpi 


Terkait dakwaan JPU, terdakwa Ichas dan Yohan dikenakan dakwaan pasal berlapis. Dakwaan pertama, perbuatan para terdakwa tersebut diancam pidana dalam Pasal 114 ayat (1) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI. No.35 Tahun 2009  tentang Narkotik. Atau kedua kesatu, Pasal 112 ayat (1) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI. No.35 Tahun 2009 tentang Narkotik. 


"Dan kedua, perbuatan para terdakwa melanggar pidana Pasal 111 ayat (1) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI. No.35 Tahun 2009 tentang Narkotik," urai Aprianus. 


Sementara itu, diungkap dalam dakwaan JPU, kedua terdakwa diringkus petugas kepolisian di Jalan Buyan Barat, Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Rabu 3 Agustus 2022 pukul 16.50 Wita.

Baca juga: Apresiasi Konsumen, MITSUBISHI FUSO Adakan Truck Campaign 2022 di Bali

Ini berawal dari informasi masyarakat yang menyebutkan, bahwa kedua terdakwa kerap meng edarkan narkoba


Berdasarkan informasi itu lah pihak kepolisian melakukan penyelidikan, dan kedua terdakwa pun berhasil diamankan.

Selanjutnya dilakukan penggeledahan, hasilnya ditemukan 56 paket sabu siap edar dengan berat 23,60 gram netto, 1 paket plastik klip ganja seberat 0,39 gram netto, dan 1 plastik klip berisi 2 butir tabet ekstasi seberat 0,50 gram netto. 


Selain itu juga dari kedua terdakwa ditemukan 1 buah timbangan elektrik, 1 kertas paper, dan  1 bendel plastik klip kosong.


Kemudian dilakukan interogasi, para terdakwa menerangkan mendapatkan sabu, ganja dan ekstasi itu dari seseorang yang bernama Bos (buron).

Caranya dengan mengambil tempelan, lalu rencananya paket narkoba itu akan ditempel kembali sesuai perintah Bos. (*)

 

 

Berita lainnya di Peredaran Narkotika di Bali
 

 

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved