Dewan Pers Lakukan Verifikasi Tribun Bali

Tim dari Dewan Pers menyambangi kantor Tribun Bali, Rabu siang, untuk melakukan verifikasi faktual terhadap koran Tribun Bali dan tribun-bali.com

Dewan Pers Lakukan Verifikasi Tribun Bali
Tribun Bali/Widyartha Suryawan
VERIFIKASI - Jimmy Silalahi, Wakil Ketua Komisi Hukum Dewan Pers, menyerahkan sebuah buku terbitan Dewan Pers, yakni Buku Saku Wartawan, kepada Pemimpin Redaksi Tribun Bali Sunarko seusai proses verifikasi faktual Dewan Pers di kantor Tribun Bali, Rabu (8/5/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Tim dari Dewan Pers menyambangi kantor Tribun Bali, Rabu (8/5/2019) siang, untuk melakukan verifikasi faktual terhadap koran Tribun Bali dan tribun-bali.com.

Verifikasi faktual berupa cek langsung ke lapangan itu dalam rangka serfitikasi lembaga media yang diajukan oleh Tribun Bali, baik untuk media cetaknya maupun media online-nya (tribun-bali.com).

Sebelumnya, Tribun Bali sudah dinyatakan lolos dalam tahap verifikasi administratif baik untuk koran maupun online-nya,

Kedatangan tim Dewan Pers ke markas Tribun Bali kemarin dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi Hukum Dewan Pers, Jimmy Silalahi.

Jimmy didampingi empat staf Sekretariat Dewan Pers, salah-satunya Kabag Pengembangan Pers dan Hubungan Antar Lembaga, yaitu Deritawati.

Baca: Program Makan Gratis untuk Penunggu Pasien di RSUD Karangasem Gagal Tender

Baca: Keluarga Korban Jembatan Jebol di Baturiti Histeris Saat Pengabenan

Jimmy mengungkapkan, pelaksanaan verifikasi tersebut dalam rangka menjalankan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, yang mengamanatkan Dewan Pers untuk melakukan pendataan keberadaan lembaga pers.

Sebelumnya, koran Tribun Bali dan tribun-bali.com telah diverifikasi secara administrasi.

Setelah verifikasi administratif dan faktual, selanjutnya juga dilakukan evaluasi terkait kualitas produk jurnalistik yang dihasilkan.

"Setelah verifikasi ini, koran Tribun Bali maupun tribun-bali.com diharapkan bisa lebih baik, berkembang, dan memenuhi harapan masyarakat Bali. Tentu juga agar bisa sehat secara bisnis," ujar Jimmy.

Jimmy menambahkan, salah-satu catatan penting yang perlu diperhatikan oleh lembaga pers adalah pelatihan terhadap para jurnalisnya.

Halaman
12
Penulis: Widyartha Suryawan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved