Jelang Galungan Pasar Galiran Klungkung Tampak Normal, Banyak Pedagang Berjualan Diluar Pasar

Tiga hari menjelang hari raya Galungan, situasi di Pasar Galiran, Klungkung, Bali justru tampak normal

Jelang Galungan Pasar Galiran Klungkung Tampak Normal, Banyak Pedagang Berjualan Diluar Pasar
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Tidak ada peningkatan aktivitas jual beli yang signifikan di Pasar Galiran, Klungkung, Minggu (16/2/2020). Hal ini diperkirakan imbas dari banyaknya pedagang perlengkapan sarana upacara yang memilih berjualan diluar pasar. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Tiga hari menjelang hari raya Galungan, situasi di Pasar Galiran, Klungkung, Bali justru tampak normal, Minggu (16/2/2020).

Tidak ada peningkatan aktivitas jual beli yang signifikan.

Hal ini diperkirakan imbas dari banyaknya pedagang perlengkapan sarana upacara yang memilih berjualan diluar pasar dengan menyewa kios atau tempat berjualan lainnya.

" Jika dibandingkan dengan hari yang sama pada Galungan sebelumnya, situasi ini justru mengalami penurunan," ungkap Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta disela-sela memantau situasi di Pasar Galiran menjelang hari raya Galungan, Minggu (16/2/2020).

Sepiring Pride of Fire Hentak Twice Bar Kuta

Gejala Kolesterol pada Wanita Berbeda dari Pria, Dipengaruhi Perubahan Hormon Setelah Menopause 

Ribuan Masyarakat Ikuti Wonderfood Culinary Fun Walk Serangkaian Hut Kota Denpasar ke-232

Dengan menggenakan pakaian santai, Suwirta didampingi Kepala UPT. Pasar Semarapura, I Komang Sugianta berkeliling pasar terbesar di Klungkung tersebut.

Mulai dari blok A tempat pedagang buah, hingga ke sisi selatan tempat para penjual hewan ternak, seperti ayam, bebek dan babi.

"Ini saya kira akibat banyaknya pedagang perlengkapan sarana upacara seperti buah dan lainnya yang berjualan diluar pasar," jelas Suwirta.

Meskipun menjelang Galungan ini peningkatan kunjungan belum signifikan, Suwirta berharap pasar Galiran tetap dikelola secara professional dengan menjaga kebersihan, penataan pedagang, barang dagangan dan lainnya.

“Dengan pengelolaan secara professional itu, selain melihat harga pembeli juga akan melihat service yang diberikan. Sehingga bisa bersaing dengan pedagang lainnya di luar pasar," ungkapnya.

Suwirta juga mengucapkan selamat hari raya Galungan dan Kuningan kepada umat sedharma dimanapun berada.

Melalui perayaan hari suci ini, Bupati berharap seluruh umat selalu diberikan kekuatan dan keselamatan serta pikiran tenang untuk bersama-sama menjalankan kewajiban sebagai umat manusia.

“Pada kesempatan ini pula saya selaku pribadi dan Pemerintah Kabupaten Klungkung mengucapkan selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga kita selalu diberikan kekuatan untuk menjalankan swadarma kita,” ucapnya. (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved