Disbud Provinsi Bali Ajak Generasi Muda Pahami Seni Klasik Melalui Workshop Drama Gong Klasik

Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Bali mengajak generasi muda untuk kembali menggaungkan kesenian klasik melalui Kriyaloka (workshop) Drama Gong Klas

Tribun Bali/Ni Kadek Rika Riyanti
Kriyaloka (Workshop) Tentang Drama Gong Klasik dengan narasumber Dr I Wayan Sugita M.Si bertempat di Ksirarnawa, Taman Budaya Art Center, Denpasar, Bali, Kamis (5/3/2020) 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Kadek Rika Riyanti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Bali mengajak generasi muda untuk kembali menggaungkan kesenian klasik melalui Kriyaloka (workshop) Drama Gong Klasik.

Workshop ini diadakan di Ksirarnawa, Taman Budaya Art Center, Denpasar, Bali, Kamis (5/3/2020).

Kepala Bidang Kesenian dan Tenaga Kebudayaan Dinas Kebudayaan Bali, Ni Wayan Sulastriani mengatakan Kriyaloka atau workshop tentang drama gong ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam terkait dengan drama yang akan diparadekan nanti.

“Jadi diharapkan drama gong yang dilaksanakan akan kembali pada pakem drama gong yang sesungguhnya seperti pada era tahun 1970-an, maka inilah perlu dilaksanakan kriyaloka,” tuturnya.

Sehingga nantinya, lanjut Sulastriani, hasil dari workshop ini diharapkan para duta parade drama gong dari kabupaten/kota se-Bali itu lebih bisa menuangkan karya garapan drama gongnya, baik ide cerita maupun penampilan semaksimal mungkin.

Virus Corona Merebak, Gelaran Festival Musik Cadas Hammersonic Ditunda hingga Tahun Depan

Vanessa Angel Bagikan Pengalamannya Menikmati Masa Kehamilan, Doyan Makan hingga Berhenti Merokok

Hendak Beli Baju, Pengendara Motor Tertimpa Pohon di Jalan Raya Puputan Denpasar

“Di samping itu juga, kami berharap bagaimana drama gong ini kami kembali geliatkan, aktifkan, lakoni, agar generasi penerus bisa lebih memahami."

"Jadi tidak hanya bergelut pada kesenian kreasi, tetapi bagaimana generasi muda bisa memahami seni klasik maupun seni tradisi,” imbuhnya.

Sampai saat ini, sudah enam kabupaten/kota yang turut andil dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-42 yang akan berlangsung pada 13 Juni sampai 11 Juli 2020, antara lain Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Bangli, Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Gianyar.

Dalam kesempatan itu, Sulastriani juga mengungkapkan harapannya bagi sejumlah kabupaten yang belum menyatakan ikut parade Drama Gong Klasik agar bisa turut serta.

Terkait Corona, Kapolresta Denpasar Tegaskan Tak Ada Ruang bagi Penimbun Masker

DLHK Denpasar Belum Gunakan Teknologi Untuk Deteksi Pohon Mana Yang Rawan Tumbang

Kecanduan Gadget dan Game Online Masuk Kategori Gangguan Mental, Dewan Bali Usulkan Ada Faskes ODGJ

Halaman
12
Penulis: Ni Kadek Rika Riyanti
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved