Breaking News:

Corona di Indonesia

Begini Cerita dan Peran Public Figure di Indonesia dalam Menghadapi COVID-19

Sehingga apa yang dilakukan para public figure akan lebih didengar dan diikuti oleh masyarakat melalui kampanye atau kegiatan positif lainnya

Editor: Wema Satya Dinata
Istimewa/Humas BNPB
Cerita dan Peran Public Figure dalam Menghadapi COVID-19 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Figur publik atau public figure menjadi sosok penting dalam memberikan dukungan untuk memerangi pandemi COVID-19, sebab mereka memiliki kekuatan utama seperti reputasi dan nama baik serta prestasinya yang sebelumnya dikenal masyarakat.

Sehingga apa yang dilakukan para public figure akan lebih didengar dan diikuti oleh masyarakat melalui kampanye atau kegiatan positif lainnya.

“Bagaimana seorang pesohor itu ketika menyampaikan sesuatu itu berpengaruh secara psikologi, karena masyarakat merasa mengenal dia dari karya-karyanya,” ujar presenter dan artis Choky Sitohang di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Sabtu (16/5/2020).

Sebagai presenter dan public figure, Choky juga melakukan upaya-upaya untuk mencegah penularan virus corona jenis baru dengan bekerja dari rumah selama kurang lebih dua bulan.

IPB Buat Covid solver, Aplikasi yang Bisa Bantu Tentukan Kebijakan Terkait Covid-19

Kasus Kepemilikan Ganja Seorang WN Inggris di Bandara Ngurah Rai Dilimpahkan ke Kejari Denpasar

155 Orang yang Dikarantina di Denpasar Jalani Test Swab

Meski hal itu tentu memberikan dampak risiko bagi dirinya, namun Choky menganggap semua bisa disesuaikan dengan pola hidup baru, sebagai dukungan kepada pemerintah untuk memerangi pandemi COVID-10.

“Kegiatan utama semua dimulai dari rumah. Benar-benar semua dari rumah. Tentu ini ada kerugian dari sisi kami. Ini semua adalah risiko yang memang bukan hanya kami saja yang hadapi. Saya yakin kita semua juga menghadapi hal yang sama. Tetapi apa yang menjadi anjuran pemerintah adalah yang terbaik bagi kami,” ujar Choky.

Sejalan dengan Choky, artis muda dan berbakat Olivia Zalianty juga melihat kehadiran public figure sangat berperan dalam memberikan contoh upaya gotong-royong dengan berbagai kegiatan seperti kesenian hingga penggalangan dana.

Sebab, dalam menghadapi musibah pandemi COVID-19 ini harus dilakukan secara bersama-sama.

“Musibah ini membangkitkan semangat gotong-royong kita. Mungkin pemerintah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), namun justru hal itu juga membangkitkan bahwa ini saatnya kita menunjukkan kita bisa bergotong-royong dengan skala besar,” jelas Olivia.

Dalam kesempatan yang sama, artis kenamaan Marcella Zalianty juga merasakan bahwa pandemi COVID-19 juga berdampak pada kegiatan rumah produksi dan memaksa para pekerja seni tidak dapat melakukan aktivitas sehingga tidak dapat mendapatkan penghasilan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved