Breaking News:

Citizen Journalism

Hobi Jadi Bisnis, Dari Pandemi Menuju Adaptasi

pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) muncul begitu tiba-tiba dan menghantam keberlangsungan seluruh sektor kehidupan masyarakat

Istimewa/Ngk Pt Teja Kamertaya
Ilustrasi - Seorang yang sedang bepikir untuk menemukan solusi di masa pandemi. 

Oleh: Ngakan Putu Teja Kamertaya (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Udayana)

Hampir 3 bulan sudah masyarakat Indonesia berada dalam Pandemi Covid-19. Pada kenyataannya semua lapisan masyarakat ikut merasakan dampaknya. Mencari pundi-pundi rupiah saat ini seperti menghirup udara segar diantara asap pabrik.

Masyarakat yang terdampak harus mampu putar otak demi bertahan hidup di tengah pandemi, akankah mereka mampu ?

Tiada yang mengira, pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) muncul begitu tiba-tiba dan menghantam keberlangsungan seluruh sektor kehidupan masyarakat.

Ibarat jatuh tertimpa tangga, selain was-was perihal kesehatan diri, berbagai resolusi pun terpaksa terhenti.

Disdikpora Bali Buka Pendaftaran PPDB 15 Juni, Masyarakat Pilih Sekolah Negeri Diprediksi Bertambah

2 Sekolah Kedinasan Kemenkumham Akan Buka Pendaftaran 8 Juni 2020, Ini Jadwal & Tahapan Tesnya

Ebola Kini Menyebar di Kongo, Ujian Sulit di Tengah Memerangi Covid-19

Siasat terus dilancarkan agar hidup bertahan, utamanya bagi pekerja informal. Pendapatan yang bergantung pada harian, mesti beradaptasi untuk mencari jalan keluar agar kantong tetap terisi.

Di sisi lain, kondisi pandemi Covid-19 juga menjadi pukulan keras bagi mereka yang baru saja ingin memulai jalan hidupnya. Itulah yang dirasakan seorang perempuan yang baru saja wisuda.

Betapa membuncah pikiran Ayu Puspita Dewi tatkala ia bercerita tentang rencana masa depannya. Sembari menoleh ke bawah, Ayu menundukkan kepalanya.

“Pada saat wisuda rasanya kala itu seperti tidur di kasur paling empuk di dunia, semua beban tidak terasa begitu saja,” tuturnya mengenang euforia wisuda di dalam gedung besar yang berisi ribuan orang.

 Terekam jelas dalam ingatan salah satu sarjana muda manajemen perguruan tinggi negeri di Bali itu, berbondong-bondong orang dari seluruh Indonesia datang melihat anak , teman, dan keluarganya wisuda kala itu.

Halaman
1234
Editor: Wema Satya Dinata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved