Breaking News:

Pelabuhan Segitiga Emas Target Rampung 2021

Pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas ditargetkan rampung tahun 2021 mendatang

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Suasana di Pelabuhan Bias Munjul beberapa waktu lalu. Pelabuhan Bias Munjul menjadi salah satu bagian dari Pelabuhan Segitiga Emas. 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Rencana pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas hampir pasti akan direalisasikan tahun 2020 ini.

Peletakan batu pertama proyek yang dianggarkan APBN itu rencananya akan dilakukan awal Agustus 2020.

Pelabuhan Segitiga Emas ini nantinya akan menghubungkan Sanur (Denpasar), Sampalan (Nusa Penida, Klungkung) dan Bias Munjul (Nusa Ceningan, Klungkung).

Pengerjaan proyek rencananya dilakukan dengan karateristik kontrak tahun jamak atau multi years, yakni pelaksanaan pekerjaannya membebani APBN lebih dari satu tahun anggaran.

"Nanti pengerjaanya multi years, dan ditargetkan rampung tahun 2021 mendatang," ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Rabu (15/7/2020).

Pengerjaan pelabuhan ini rencananya nanti akan dimulai dari Pelabuhan Sampalan, Nusa Penida.

Semua kesiapan dari kabupaten terkait aset tana, dan jalan pun telah sepenuhnya siap.

"Kami di kabupaten menyiapkan aset tanah dan jalan, semua sudah siap. Semoga tidak ada halangan nanti, dan semua terealisasi sesuai rencana," harap Suwirta.

Setelah rampungnya pengerjaan Pelabuhan Segitiga Emas tersebut, barulah Pemkab Klungkung akan fokus pada masalah pelebaran jalan.

Menurutnya, akses jalan di sekitar Pelabuhan Bias Munjul masih sempit, termasuk di Pelabuhan Sampalan yang diperkirakan semakin krodit karena pesatnya lalu lintas.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved