Breaking News:

Bupati Suwirta Akan Kembangkan budidaya Ikan Kerapu, Kepiting, dan Udang di Ceningan

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan, dahulu kawasan mangrove yang berada di sebelah timur Pulau Ceningan adalah tempat tambak ikan bandeng

ISTIMEWA
Bupati Suwirta didampingi perbekel Desa Lembongan I Ketut Gede Arjaya bersama Kelompok Tani Bakung Sari meninjau lokasi hutan bakau (mangrove) di kawasan Ceningan Kangin pada rabu (16/9/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi perbekel Desa Lembongan I Ketut Gede Arjaya bersama Kelompok Tani Bakung Sari meninjau lokasi hutan bakau (mangrove) di kawasan Ceningan Kangin pada rabu (16/9/2020).

Bupati  Suwirta menyampaikan, dahulu kawasan mangrove yang berada di sebelah timur Pulau Ceningan adalah tempat tambak ikan bandeng. 

 Namun saat ini sudah tidak aktif lagi

"Saya akan memanfaatkan kembali kawasan mangrove tersebut untuk budidaya udang, kepiting, ikan kerapu yang nanti dapat digunakan dalam memenuhi kebutuhan seafood bagi wisatawan yang berkunjung ke Nusa Penida. Bahkan kalau bisa dikirim ke kawasan restoran dan rumah makan di Bali Daratan," ujarnya.

Update Covid-19 Bali, 17 September: Kasus Positif Bertambah 63 Orang, 92 Pasien Sembuh & 6 Meninggal

BREAKING NEWS: Bupati Eka Tutup Sejumlah Fasilitas Umum di Tabanan Akibat Kasus Covid-19 Meningkat

Terima 3 Kilogram Paket Ganja, Beni Diganjar 15 Tahun Penjara

Bupati Suwirta mengatakan, selain untuk kebutuhan seafood bagi wisatawan, komoditi budidaya yang akan dikembangkan  juga bisa sebagai konsumsi masyarakat, dan harganya pun terjangkau.

Selain itu, tambak juga nantinya dapat digunakan sebagai objek wisata edukasi.

Suwirta  juga menambahkan, kawasan yang akan dipakai merupakan kawasan mangrove dengan luas kurang lebih 3 sampai 4 hektar.

Kedepannya Pemkab akan melakukan konsultasi dengan para ahli untuk mewujudkan keinginan tersebut .

"Saya sudah bertemu dengan Menteri Kelautan, dan beliau men-support ide tersebut dan pemkab Klungkung sendiri sudah mulai melakukan perencanaan". tambahnya.

Upaya tersebut juga dilakukan Pemkab Klungkung untuk membantu UMKM di Klungkung.

Atas berbagai upaya Pemkab Klungkung, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima penghargaan Natamukti dari pemerintah pusat.

Penghargaan atas keberhasilan mendorong keberlangsungan UMKM di Klungkung diterima Bupati Suwirta secara daring melalui aplikasi zoom dari ruang kerjanya, Kamis (17/9). 

Sebagai penggerak roda perekonomian utama di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi perhatian pemerintah dan lembaga internasional saat ini.

Ekosistem UMKM yang kondusif hanya bisa dicapai dengan kontribusi dari berbagai pihak seperti praktisi bisnis, akademisi, dan peneliti.

Kelompok Belajar Terancam Dihentikan Jika Tabanan Masih Zona Merah Usai Kuningan

Kasus Positif Covid-19 di Jembrana Bertambah 4 Orang, Tujuh Pasien Sembuh

Paparkan Terkait Produk Lokal, Bupati Suwirta Minta Generasi Muda Ikut Produksi Garam Kusamba

 Sehingga peran pemerintah daerah dalam mendukung UMKM menjadi pilar pendorong utama ekonomi lokal. (*).

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved