Catatan Visual Pandemi Covid-19, 40 Foto Dipamerkan dalam Gelaran Denpasar Festival 2020

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia direspons dengan pameran foto oleh fotografer Bali.

Tribun Bali/Putu Supartika
Pengunjung melihat foto terkait Covid-19 yang dipamerkan di Gedung Dharmanegara Alaya, Sabtu (3/10/2020) 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia direspons dengan pameran foto oleh fotografer Bali.

Sebanyak 15 fotografer dari media massa lokal Bali, nasional, dan international ikut dalam pameran ini.

40 foto yang berkaitan dengan pandemi Covid-19 di Bali dipamerkan dalam pameran yang bertajuk "Grubug Ageng (Bali di tengah Pandemi COVID-19)".

Pameran ini digelar 2 Oktober hingga 31 Desember 2020 di Gedung Dharmanegara Alaya (DNA) Kota Denpasar dalam rangka Denpasar Festival 2020.

"Pameran ini melibatkan 15 fotografer yang terdiri dari tujuh fotografer media cetak Bali, tiga pewarta foto Kantor Berita ANTARA, seorang fotografer Kantor Berita EPA (European Pressphoto Agency), dan empat fotografer freelance/lepas," kata pewarta foto yang juga peserta pameran itu, Fikri Yusuf, Sabtu (3/10/2020) siang.

Borja Mayoral Resmi Dipinjam AS Roma dari Real Madrid

Sidak Protokol Kesehatan Hari Ini di Denpasar, Ditemukan 10 Pelanggar

Belum Sempat Ambil Upah yang Dijanjikan untuk Ambil Tempelan Sabu, Ivan Dikenakan Dakwaan Alternatif

Foto yang ditampilkan dari awal pandemi masuk Bali, seperti pemulangan warga asing dari Bali karena Covid-19, situasi Bandara Ngurah Rai saat pertama kali ada Covid-19, kegiatan swab test di Pasar Badung, petugas menyemprotkan disinfektan di rumah warga atau Pasar Kumbasari yang terpapar Covid-19.

Ada pula foto pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) di Denpasar, kegiatan belajar dan ibadah melalui daring, hukuman bagi pelanggar protokol kesehatan hingga foto adaptasi kebiasaan baru seperti aktivitas ibadah kembali dibuka, persiapan pembukaan hotel dan ruang publik kembali dibuka.

"Pameran foto yang setiap hari bisa disaksikan di Gedung DNA sejak pukul 09.00 WITA hingga 21.00 WITA itu merupakan apresiasi Panitia Denfest 2020 terhadap karya pewarta foto di Bali yang selama ini bekerja memberikan informasi kepada masyarakat melalui berita foto tentang berbagai hal dan kegiatan pada masa pandemi Covid-19," katanya.

Punya Cara Berbeda, Ini yang Dilakukan 6 Zodiak Saat Kepergok Selingkuh

Kamu Ekstrovert? 6 Pilihan Warna Cat Dinding Ini Cocok Untukmu

Tak Hanya Kanker Payudara, Ketahui 7 Kelainan pada Payudara Wanita

Ia menambahkan foto-foto yang dipamerkan ini sebagai sarana informasi dan edukasi kepada masyarakat.

"Kami sebagai wartawan foto yang selalu ada di lapangan untuk mencari informasi tentang Covid-19 dan masyarakat juga tetap bisa menjaga kesehatan diri masing-masing. Ini semoga bisa catatan visual adanya Covid-19," katanya.

Tujuan yang tidak kalah pentingnya, masyarakat juga bisa selektif melihat maupun membaca informasi mengenai pandemi Covid-19 ini dan berhati-hati serta tidak mudah percaya dengan hoaks atau tetap percaya pada karya wartawan foto dari media massa yang diakui Dewan Pers.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, MA Dezire Mulyani, mengatakan Denpasar sebagai kota kreatif, tak mau berpangku tangan dan meratapi pandemi Covid-19.

Tak Hanya Kanker Payudara, Ketahui 7 Kelainan pada Payudara Wanita

Cukup Tidur hingga Rajin Berjemur, 10 Cara Mencegah Kanker

Pelinggih Milik Wayan Urip Terbakar, Kerugian Ditaksir Mencapai Puluhan Juta Rupiah

Sehingga digelarlah Denpasar Festival ke-13 ini.

Ia juga mengapresiasi pameran foto yang digelar ini.

"Teman-teman fotografer mampu mengambil sisi-sisi yang bisa menyentuh kita melalui gambar atau foto. Jadi tanpa berkata-kata atau berita banyak, satu foto bisa menceritakan berjuta kata-kata, jadi dari kami ingin nenyampaikan hal tersebut kepada dunia bahwa ada sisi-sisi yang bisa disentuh dengan menunjukkan foto-foto di sini dan kami berharap ini bisa berlanjut di tahun depan dengan berbagai tema," katanya. (*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved