Breaking News:

Sponsored Content

Bupati dan DPRD Tabanan Sepakati Ranperda APBD 2021 Menjadi Perda, PAD Tabanan Ditarget Rp 391 M

Bupati Tabanan dan DPRD Kabupaten Tabanan, sepakati Ranperda tentang APBD Tabanan Tahun Anggaran 2021 menjadi Perda.

Istimewa
Bupati Tabanan dan DPRD Kabupaten Tabanan, sepakati Ranperda tentang APBD Tabanan Tahun Anggaran 2021 menjadi Perda. 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Bupati Tabanan dan DPRD Kabupaten Tabanan, sepakati Ranperda tentang APBD Tabanan Tahun Anggaran 2021 menjadi Perda.

Hal tersebut disepakati pada Rapat Paripurna ke-15 masa persidangan ketiga tahun 2020 DPRD Kabupaten Tabanan, dalam pokok acara Persetujuan bersama Bupati Tabanan dan DPRD Kabupaten Tabanan terhadap Ranperda tentang APBD Kabupaten Tabanan tahun 2021 yang dilangsungkan via daring melalui aplikasi Zoom, Sabtu (28/11/2020).

Selanjutnya akan dilakukan evaluasi oleh Gubernur.

Baca juga: Jokowi Bubarkan 10 Lembaga Nonstruktural, Ini Daftarnya

Baca juga: Habib Rizieq Pulang ke Tanah Air, Sudah 7 Pejabat Dicopot Terkait Kerumunan Massa Pentolan FPI Itu

Baca juga: Hasil Duel Mike Tyson Vs Roy Jones Berakhir Imbang, Namun Si Leher Beton Tampil Dominan

Sidang yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tabanan, I Made Dirga juga langsung diikuti oleh Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, Forkopimda Tabanan, Anggota DPRD Tabanan, Instansi Vertikal dan BUMD, Sekda, Sekwan, para Asisten Sekda dan OPD di lingkungan Pemkab Tabanan.

Sekwan DPRD Tabanan, I Made Sugiarta melaporkan, Badan Anggaran telah melakukan kajian dan pembahasan sebagai bentuk tugas dan fungsi penganggaran, baik dalam rapat intern maupun dalam rapat kerja dengan TAPD Kabupaten Tabanan.

Baca juga: Matahari Department Store Akan Tutup 6 Gerai, Salah Satunya di Bali

Baca juga: Calon Besan Ketua MPR Ikut Jadi Tersangka Kasus Ekspor Lobster, Bambang Soesatyo: Saya Prihatin

Baca juga: PMI Karangasem Distribusikan Air Bersih ke Pedahan Klod

Berdasarkan atas kajian tersebut Badan Anggaran dapat melaporkan sebagai berikut, secara normatif mekanisme penyusunan dan pembahasan Ranperda tentang APBD Tabanan Tahun Anggaran 2021, sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dia melanjutkan, setelah melalui rapat intern maupun dengan TAPD telah menyepakati pendapatan daerah sebesar Rp 1,8 triliun lebih. Dimana target PAD ditetapkan sebesar Rp 391,6 Miliar lebih.

Baca juga: PMI Karangasem Distribusikan Air Bersih ke Pedahan Klod

Baca juga: Perusahaan BUMN Ini Buka Tiga Lowongan Kerja Khusus S1, Begini Syaratnya

Baca juga: Luhut Sebut Tak Ada yang Salah dalam Regulasi Ekspor Benih Lobster, Apa Alasannya?

Target PAD dikatakan sama dengan kesepakatan KUA dan PPAS TA 2021, sedangkan Belanja Daerah disepakati sebesar Rp 1,9 Triliun lebih.

"Sehingga mengalami defisit sebesar Rp 87,9 miliar lebih, yang ditutup dari pembiayaan netto. Badan anggaran menilai sangat relevan dan realistis mengingat kondisi perekonomian Kabupaten Tabanan di masa pndemi Covid-19 belum pulih dan Badan Anggaran berharap adanya komitmen dari seluruh pihak untuk bersama-sama mencapai target yang telah ditetapkan," katanya. 

Baca juga: Bagas Kaffa Beri Pesan Menyentuh Hati Kepada Kembarannya Usai Gagal Gabung FC Utrecht

Baca juga: Stunting di Kabupaten Gianyar Terus Menurun, Dari Hampir 50 Persen Jadi 6,42 Persen

Baca juga: Heboh Foto-foto Syur Selir Raja Thailand Sineenat & Tersebar di Medsos, Berikut Ini 4 Kontroversinya

Sementara iru, Bupati Eka mengatakan, pembahasan Ranperda tentang APBD Kabupaten Tabanan TA 2021 telah berdasarkan pada peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021. Dan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

"Hal ini tidak terlepas dengan komitmen dan kesungguhan serta kerja sama yang baik dari pimpinan dan seluruh anggota dewan yang terhormat. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku seteleh disetujui bersama, Ranperda tentang APBD Kabupaten Tabanan TA 2021, maka tahapan berikutnya akan dilakukan evaluasi oleh gubernur," kata Bupati Eka.

Baca juga: Gunung Ili Lewotolok NTT Meletus Pagi Tadi, Penjelasan PVMBG hingga Kepercayaan Warga tentang Erupsi

Baca juga: Pernah Manfaatkan Nama Besar Kakaknya, Segini Uang Bulanan Lintang Adik Nikita Mirzani

Eka Wiryastuti juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota dewan terhormat atas segala etikad baik dan komitmen serta kerjasamanya dalam menyelesaikan tugas-tugas untuk kesejahteraan masyarakat.

"Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan bimbingannya dalam pengabdian kita masing-masing untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera," harapnya. (*)

Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved