Breaking News:

Berita Klungkung

Kerap Temukan Masker Bekas Campur Sampah Rumah Tangga, Petugas Pemilah di TOSS Karangdadi Khawatir

Petugas di TOSS (tempat olah sampah setempat) Center di Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Klungkung, Bali kerap menemukan sampah berupa masker bekas

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Para petugas pemilah sampah di TOSS Centre Karangdadi, Klungkung saat menemukan masker bekas bercampur dengan sampah rumah tangga, Jumat 29 Januari 2020. Mereka khawatir masker bekas yang dibuang masyarakat jadi media penularan penyakit. 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG -  Petugas di TOSS (tempat olah sampah setempat) Center di Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Klungkung, Bali kerap menemukan sampah berupa masker bekas yang bercampur dengan limbah rumah tangga.

Para petugas pemilah sampah tersebut mengaku khawatir, karena tidak menutup kemungkinan masker bekas itu justru menjadi media penularan penyakit. 

Seperti hari biasanya, aktivitas pengolahan sampah rumah tangga di Klungkung dilaksanakan di TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat) di Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Klungkung, Bali.

TPST Mengwitani Bali Manfaatkan Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos, Warga Bisa Dapat Secara Gratis

Temukan Kasur dan Sofa, Pengelola Wisata Hutan Mangrove Imbau Warga Tidak Buang Sampah Ke Sungai

Terkendala Lahan, 22  Desa di Klungkung Bali Belum Punya Tempat Pengelolaan Sampah

Para petugas setiap hari memilah sampah yang dibuang oleh masyarakat, untuk diolah kembali atau dibuang ke TPA sebagai residu. 

Namun saat pandemi seperti saat ini, para petugas pemilah sampah kerap kali menemukan sampah berupa masker bekas yang dibuang warga bercampur dengan sampah rumah tangga

" Apalagi saat pandemi seperti saat ini, masyarakat diwajibkan memakai masker. Kami seringkali temukan masker bekas saat pilah sampah," ujar salah seorang pemilah sampah di TOSS Karangdadi, Yanti. 

7 Pembuang Sampah Sembarangan di Pemecutan Kaja Disidang, Satu Pelanggar Sudah Didenda Rp 200 Ribu

Hanya 6 Desa di Denpasar yang Bisa Melakukan Pengolahan Sampah Menjadi Kompos

Kesadaran Memilah Sampah Menurun, Perda Pengelolaan Sampah Akan Diperektat

Para pemilah sampah itu pun mengaku cukup khawatir, jika sampah berupa masker bekas itu justru menjadi media penularan panyakit.

Apalagi mereka saat bertugas hanya menggenakan APD seadanya, seperti masker dan selop tangan. 

" Biasanya masker itu kami pilah ke sampah anorganik bersama plastik," ungkapnya

Saat masa pandemi seperti saat ini, pemerintah terus mengimbau masyarakat untuk menggenakan masker untuk mencegah Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved