Breaking News:

Kuliner Unik Dari INI Tempe, Benny Santoso Sulap Tempe Jadi Kue Kering Hingga Protein Ball

INI Tempe berawal dari tugas akhir kuliahnya ketika berkuliah di  STP Nusa Dua, Bali dengan mengambil Jurusan Culinary Management.

Tribun Bali/Karsiani Putri
Founder Innovate New Idea (INI) Tempe, Benny Santoso ketika menunjukkan berbagai produk olahan di INI Tempe pada Kamis 18 Februari 2021 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA- Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan Tempe. 

Salah satu menu olahan dari kedelai ini merupakan menu yang paling melekat pada masyarakat karena rasa, harga yang ramah di kantong serta sangat mudah dijumpai di tempat perbelanjaan mana pun. 

Meskipun demikian,  terkadang sering kali dalam pengolahan Tempe menjadi menu sajian, Tempe  dimasak dengan cara yang monoton atau itu-itu saja sehingga tak heran rasa bosan dalam menikmati sajian Tempe pun sering kali datang. 

Hal inilah yang menjadikan pria kelahiran Solo tanggal 2 Oktober 1995, Benny Santoso menciptakan dan menghadirkan berbagai inovasinya agar masyarakat dapat menikmati sajian Tempe dengan lebih nikmat. 

Melalui usaha Innovate New Idea (INI) Tempe yang digagasnya sejak 16 Desember 2016 lalu, Benny Santoso menawarkan berbagai varian unik olahan Tempe  miliknya. 

Baca juga: Cara Membuat Tempe Goreng, Pisang Goreng, dan Bakwan Renyah untuk Imlek, Ini Campuran Tepungnya

Baca juga: Tak Perlu Dimasak Dulu, Tips Menyimpan Tempe agar Tahan Lama

Baca juga: Pengusaha Tempe Tahu Perkirakan Harga Kedelai Terus Naik Hingga Akhir Februari 2021, Ini Alasannya

"Kalau Bali mungkin terkenalnya dengan Nasi Campur, tapi, kalau di kami terkenalnya dengan Tempe Campur.  Untuk varian Tempe Campur kami punya lima macam, ada keju, spirulina, original, wijen hitam dan biji labu. Sedangkan untuk kue kering kami punya empat varian, ada salt coklat, jahe, mete, dan kelapa. Dan untuk kripik, kami ada dua varian, ada original dan black paper. Kami juga ada produk baru, yaitu protein ball yang dibuat dari tepung tempe, kurma dan cranberry. Lalu dalam waktu dekat kami akan memperkenalkan Tempe instan," ujar Benny Santoso. 

Adapun harga yang dibandrol untuk produknya tersebut, yakni mulai dari harga Rp 1500 hingga Rp 65 ribuan. 

Menurutnya, sepanjang penjualan INI Tempe, menu Tempe Campur Wijen Hitam dan Kripik Tempe rasa black paper menjadi produk best seller.   

"Selain produk Tempe, kami juga punya produk lain seperti emping dari singkong karena kami juga ingin promosikan produk lokal Indonesia lainnya. Selama ini banyak turis asing yang tertarik dengan Tempe dan mereka juga penasaran dengan produk lokal lainnya yang juga terkenal di Indonesia, maka kami perkenalkanlah Emping," jelasnya. 

Halaman
12
Penulis: Karsiani Putri
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved