Breaking News:

Berita Klungkung

Percepat Realisasi Pelabuhan Segitiga Emas di Klungkung, Dishub Susun Penyempurnaan RIP Kusamba

Dinas Perhubungan (Dishub) tengah berupaya  merealisasikan konsep Pelabuhan Segitiga Emas di Klungkung.

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Suasana di Pelabuhan Kusamba, Klungkung, Jumat (26/2/2021). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Dinas Perhubungan (Dishub) tengah berupaya  merealisasikan konsep Pelabuhan Segitiga Emas di Klungkung.

Setelah Pemprov Bali membantu pembangunan Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida dan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan, Dishub sedang menggenjot terealisasinya Pelabuhan Kusamba dengan menyusun Rencana Induk Pelabuhan (RIP) Kusamba.

Presentasi dan Penyempurnaan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) Daerah Lingkungan Kerja (DLK) dan Daerah Lingkungan Kepentingan Pelabuhan (DLKP) Pelabuhan Kusamba, Kamis 25 Februari 2021 di Ruang Rapat Bupati Klungkung.

 Presentasi dipaparkan oleh PT. Yogawidya Sarana Desain selalu konsultan, bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Klungkung dalam hal Penyusunan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) DLKR/DLKP Kusamba.

Baca juga: Kejari Klungkung Minta Keterangan 10 Warga, Tindaklanjuti Kasus Laporan Pertanggungjawaban LPD Ped

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjelaskan, pembangunan RIP Pelabuhan Kusamba merupakan langkah awal untuk merealisasikan konsep Pelabuhan Segitiga Emas yang digagasnya.

Pembangunan pelabuhan  ini untuk mengantisipasi meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Kabupaten Klungkung khususnya disektor pariwisata.

"Dengan pelabuhan ini, diharapkan semakin meningkatkan kelancaran mobilisasi penumpang dan barang dari Klungkung daratan ke Nusa Penida dan sebaliknya," ungkap Suwirta, Jumat 26 Februari 2021.

Dalam paparan PT. Yogawidya Sarana Desain, disampaikan perencanaan penataan dan pembangunan Pelabuhan Kusamba dalam beberapa tahap.

Tahap awal, direncanakan pengerjaan pelabuhan ini diawali dengan pembangunan fasilitas kolam labuh dan terminal untuk melayani fastboat.

Sementara pembangunan tahap kedua, akan dibangun  berbagai fasilitas untuk dapat malayani kapal roro sebagai penunjang  Pelabuhan Nusa Penida.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved