Breaking News:

Kesehatan

Tanda dan Gejala Gangguan Kepribadian Borderline Personality Disorder

Gangguan kepribadian ambang atau borderline personality disorder adalah masalah kesehatan mental yang memengaruhi suasana hati.

kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.com - Gangguan kepribadian ambang atau borderline personality disorder adalah masalah kesehatan mental yang memengaruhi suasana hati sampai interaksi dengan orang lain.

Borderline personality disorder membuat pengidapnya punya masalah dengan citra diri sendiri, susah mengontrol emosi dan perilaku, serta sulit menjalin hubungan dengan orang lain.

Gangguan kepribadian ambang biasanya muncul saat masa puber. Kondisi ini biasanya memburuk di masa dewasa dan berangsur-angsur membaik seiring bertambahnya usia.

Baca juga: Termasuk Menurunkan Stres, Ini 4 Manfaat Diet Rendah Karbohidrat Bagi Kesehatan Mental

Baca juga: Mengenal Hipokondria, Kecemasan Berlebihan Terhadap Penyakit

Baca juga: Sering Dijadikan Menu Buka Puasa, Ini Manfaat Kesehatan Timun Suri dan Blewah

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang apa itu borderline personality disorder, gejala, penyebab, sampai cara mengatasinya.

Apa itu borderline personality disorder?

Dilansir dari Help Guide, borderline personality disorder adalah gangguan kesehatan mental yang membuat pengidapnya tidak stabil.

Pengidap tidak hanya mengalami krisis identitas. Mereka juga mengalami masalah emosi dan hubungan dengan orang sekitar.

Orang dengan borderline personality disorder cenderung sangat sensitif. Hal remeh temeh dapat memicu reaksi yang intens.

Begitu kesal, mereka sulit menenangkan diri. Saat suasana hati karut-marut, tak ayal sisi emosional pengidap bisa mengacaukan hubungan dengan orang sekitar.

Respons mereka dapat berupa perkataan yang menyakitkan atau bertindak tidak pantas. Kendati sekilas terlihat sulit ditangani, gangguan kepribadian ambang ini bisa diobati dengan dukungan dan perawatan yang tepat.

Halaman
123
Editor: I Made Dwi Suputra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved