Breaking News:

Berita Buleleng

Kanwil BPN Bali Serahkan 30 Lembar SHM Tanah kepada Warga Desa Sumberklampok Buleleng

Kanwil BPN Bali pada Minggu kemarin secara simbolis telah menyerahkan 30 lembar sertifikat hak milik (SHM) kepada  warga di desa tersebut. 

Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Wema Satya Dinata
NET
Ilustrasi sertifikat tanah - Kanwil BPN Bali Serahkan 30 Lembar Sertifikat Hak Milik kepada Warga Desa Sumberklampok Buleleng 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Penantian warga Desa Sumberklampok, untuk dapat memiliki sertifikat hak milik atas bukti kepemilikan tanah akhirnya terwujud.

Kanwil BPN Bali pada Minggu kemarin secara simbolis telah menyerahkan 30 lembar sertifikat hak milik (SHM) kepada  warga di desa tersebut. 

Perbekel Desa Sumberklampok, Wayan Sawitra Yasa mengatakan, sertifikat memang baru diserahkan secara simbolis, kepada 30 orang warga yang terdiri dari anggota di Tim 9 dan sejumlah tokoh masyarakat di desa tersebut.

Penyerahan ini dilakukan untuk meyakinkan warga bahwa pemerintah pusat telah menyelesaikan konflik agraria yang terjadi sejak puluhan tahun silam.

Baca juga: Pangdam IX/Udayana Serahkan dan Resmikan Pompa Air Hidram di Desa Gobleg Buleleng

Sementara sertifikat sisanya, kata Sawitra, rencananya akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo pada Juni 2021 mendatang.

 "Ini baru penyerahan secara simbolis, agar masyarakat bisa lebih tenang. Nanti sisanya rencananya akan diserahkan oleh presiden," ucapnya.

Dijelaskan Sawitra, sertifikat yang diterbitkan oleh Kanwil BPN Bali ini hanya 800 bidang lahan pekarangan.

Sementara untuk sertifikat lahan garapan dengan jumlah 815 bidang atau seluas 359.8 hektar, akan diterbitkan bersamaan dengan hadirnya presiden di Desa Sumberklampok pada Juni 2021 mendatang.

Namun khusus untuk lahan garapan itu diakui Sawitra, peta redistribusinya belum seutuhnya disetujui oleh masyarakat.

Sebab, antara peta yang dibuat oleh Tim 9 dengan peta yang dibuat oleh Pemprov Bali berbeda.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved