Breaking News:

Berita Bali

PKB Digelar di Masa Pandemi, Pemprov Bali Gelontorkan Total Anggaran Rp. 7,7 Miliar

Pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII akan digelar secara hybrid yakni gabungan antara virtual dan kovensional

istimewa
Penampilan duta Kabupaten Klungkung pada gelaran PKB tahun 2019 silam - PKB Digelar di Masa Pandemi, Pemprov Bali Gelontorkan Total Anggaran Rp. 7,7 Miliar 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII akan digelar secara hybrid yakni gabungan antara virtual dan kovensional.

Rencananya, PKB XLIII itu akan digelar sebulan penuh mulai tanggal 12 Juni hingga 10 Juli 2021 di Taman Budaya Art Centre Provinsi Bali, Denpasar.

Terkait dengan anggaran PKB sendiri, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Gede Arya Sugiartha mengatakan, bahwa secara total PKB sendiri akan menghabiskan anggaran sekitar Rp. 7,7 miliar.

Anggaran tersebut menurutnya dibagi untuk bantuan bagi sembilan Pemkab/Pemkot di Bali yang ikut PKB sebanyak Rp. 4,5 miliar.

Baca juga: Jokowi Buka PKB dari Istana Negara, Pesta Kesenian Bali XLIII Tahun 2021 Dilaksanakan Hybrid

Lalu, Rp. 3,2 miliar untuk pembiayaan bagi para seniman atau sekeha yang akan tampil dalam PKB nanti.

Untuk bantuan bagi sembilan Pemkab/Pemkot itu, Sugiartha mengatakan, bahwa masing-masing Pemda akan mendapat dana sebesar Rp. 500 juta.

Dana sebesar itu sendiri berasal dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Pemprov Bali agar para Pemda tingkat II tersebut bisa mengikuti pesta kesenian terbesar di Pulau Dewata itu.

“Itu dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten/Kota, Pemprov Bali menggelontorkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) untuk kabupaten/kota sebagai penyelenggara PKB masing-masing Rp. 500 juta, semua kabupaten kita berikan, ini agar kabupaten bisa ikut ini,” paparnya dalam konferensi persnya di Kantor Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Denpasar, Rabu 9 Juni 2021.

Di sisi lain, mengenai anggaran bagi para seniman tersebut, ia mengakui ada penurunan jika dibandingkan PKB sebelumnya pada tahun 2019.

Pun begitu, pihaknya menegaskan, bahwa Pemprov Bali tetap berkomitmen untuk memajukan seni dan budaya Bali sesuai visi dan misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Halaman
1234
Penulis: Ragil Armando
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved