Breaking News:

Berita Denpasar

Serangkaian Palebon Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung, Jika Tak Pandemi, Diikuti Puluhan Ribu

Serangkaian dengan palebon Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung dari Griya Gede Keniten, digelar prosesi manah toya ning.

(Tribun Bali/Rizal Fanany)
Krama mengikuti prosesi manah toyah ning dalam serangkaian palebon Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung dari Griya Gede Keniten menuju pura Belatri,matahari terbit, Denpasar, Rabu, 6 Oktober 2021 - Serangkaian Palebon Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung, Jika Tak Pandemi, Diikuti Puluhan Ribu 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Serangkaian dengan palebon Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung dari Griya Gede Keniten, digelar prosesi manah toya ning.

Prosesi ini dilaksanakan di Pura Belatri, di kawasan Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar, Bali, Rabu 6 Oktober 2021.

Kegiatan ini dimulai sejak pagi yang diawali dengan mapeed atau iring-iringan dari griya menuju ke Pura Belatri.

Ratusan pengayah terlibat dalam kegiatan ini dan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Peserta Pelebon di Griya Gede Keniten Sanur, Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi

Salah satu putra dari Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung yakni Ida Bagus Gede Agung Sidharta Putra mengatakan, sebelum digelar prosesi ini, pada 12 September 2021 lalu telah digelar upacara malelet.

Selanjutnya dilakukan prosesi saji tarpana dari semeton griya maupun murid dari Ida Pedanda Nabe.

“Hari ini kami melakukan prosesi manah toya ning di Pura Belatri dengan melibatkan peserta yang sangat terbatas dan protokol kesehatan yang ketat,” kata Sidharta, Rabu.

Setelah prosesi manah toya kemudian dilanjutkan dengan prosesi pangaskaraan dan ngajum. Dan pada 8 Oktober merupakan puncak dari acara palebon.

“Memang dari awal kami merencanakan prosesi ini dengan melibatkan semua lembaga mulai dari Satgas Covid-19 Kota Denpasar, Polresta, Danramil, sampai dengan satgas desa. Kami sendiri sangat mengurangi jumlah peserta yang hadir karena masih dalam suasana pandemi,” katanya.

Ia menambahkan, sebenarnya upacara ini digelar pada 15 Agustus 2021.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved