Breaking News:

Berita Buleleng

Eks Transmigran Timor-Timur di Desa Sumberklampok Buleleng Mohon Pemerintah Lakukan Pelepasan Lahan

Sehingga dengan permohonan tersebut, penerbitan Sertifikat Hak Milik (SHM) atas bukti kepemilikan tanah dapat segera diproses

Tribun Bali/Ratu Ayu Astri Desiani
Koordinator KPA Perwakilan Bali,saat melakukan sosialisasi kepada eks transmigrasi eks Timor-Timur di Desa Sumberklampok, Sabtu (16/10/2021) 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Warga eks transmigran Timor Timur yang menetap di kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Buleleng saat ini berharap Pemkab segera mengajukan permohonan pelepasan lahan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI.

Sehingga dengan permohonan tersebut, penerbitan Sertifikat Hak Milik (SHM) atas bukti kepemilikan tanah dapat segera diproses.

Perbekel Desa Sumberklampok, Wayan Sawitra Yasa ditemui Sabtu (16/10/2021) mengatakan, ada sebanyak 107 Kepala Keluarga eks transmigran Timor Timur yang menetap di Banjar Dinas Bukit Sari, Desa Sumberklampok atau tepatnya di kawasan HPT.

Mereka bermukim di wilayah tersebut sejak tahun 2000 lalu.

Baca juga: Dana Dipangkas, Perbaikan Jalan di Buleleng Tidak akan Menyeluruh

Masing-masing KK memiliki lahan pekarangan seluas 4 Are, serta lahan pertanian masing-masing 50 Are.

"Jadi masyarakat eks Timor Timur ini memohon pelepasan lahan agar menjadi hak milik,  kepada Kementerian LHK.

Saat mengajukan permohonan, memang harus ada rekomendasi juga dari Bupati Buleleng.

Semoga Bupati segera merekomendasikan, sehingga persoalan ini segera selesai," jelasnya.

Sawitra menyebut, untuk dapat menyelesaikan konflik agraria ini, pihaknya juga menggandeng Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) Perwakilan Bali, yang merupakan lembaga sosial masyarakat khusus untuk menyelesaikan masalah pertanahan.

"KPA memang wajib memberikan pendampingan kepada masyarakat yang ada di area konflik pertanahan, agar masyarakat tidak salah dalam regulasi," terangnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved