Breaking News:

Berita Bali

Soal Pencabutan Larangan Berpergian Warganya ke Luar Negeri, Konjen Australia Surati Kadispar Bali

Langkah baru diambil oleh pemerintah Australia. Pasalnya negeri kangguru ini memutuskan untuk segera mengakhiri pembatasan dan larangan perjalanan

Dokumentasi Pemprov Bali
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Putu Astawa 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Langkah baru diambil oleh pemerintah Australia. Pasalnya negeri kangguru ini memutuskan untuk segera mengakhiri pembatasan dan larangan perjalanan lintas negara atau internasional. 

Rencananya, pembatasan dan larangan tersebut akan dicabut mulai 1 November 2021 mendatang. 

Nantinya, jika larangan tersebut dicabut maka para warga Australia dapat bebas berkunjung dan berkunjung ke berbagai negara, termasuk Indonesia. 

Baca juga: KABAR GEMBIRA: Wisatawan Australia Bakal Segera Lakukan Perjalanan Pariwisata ke Bali per 1 November

Kepastian itu disampaikan oleh Konsul Jenderal (Konjen) Australia di Bali, Anthea Griffin melalui suratnya kepada Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Bali, Putu Astawa, tertanggal Kamis 21 Oktober 2021 kemarin. 

Hal ini dapat menjadi angin segar bagi pariwisata Indonesia, khususnya Bali, mengingat Pulau Dewata selama ini menjadi salah satu destinasi utama kunjungan para turis asal negeri kanguru itu. 

Dalam surat tersebut, Konjen Griffin menyebutkan bahwa Dubes Australia, Penny Williams juga telah mengkonfirmasi kabar tersebut kepada pemerintah pusat melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. 

Baca juga: Pembukaan Pariwisata Internasional di Bali, Okupansi Bisa Naik hingga 60 Persen

"Dengan senang hati saya menyampaikan bahwa Duta Besar kami Ibu Penny Williams (Dubes Australia untuk Indonesia-red) telah menulis surat kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, untuk memberitahukan bahwa telah ada kemajuan dalam penetapan jadwal Australia untuk memulai kembali pariwisata ke Indonesia, termasuk Bali," demikian dikutip dari surat tersebut.

Ia juga menjelaskan bahwa pada 1 November 2021 mendatang, pemerintah Negara Bagian New South Wales juga telah merencanakan bagi warga negara Australia yang sudah melakukan vaksinasi lengkap dapat melakukan perjalanan udara menuju Sidney dari luar negeri tanpa melalui karantina. 

Baca juga: Sambut Pembukaan Pariwisata Internasional di Bali, XL Axiata Mulai Kenalkan Jaringan 5G

Sementara, beberapa negara bagian dari wilayah teritori lainnya di Australia menurutnya masih meninjau untuk mengerjakan rencana pembukaan kembali mereka tetapi diperkirakan akan mengurangi atau meniadakan karantina dalam beberapa bulan mendatang setelah mereka mencapai tingkat vaksinasi yang tinggi.

Pelonggaran pembatasan perbatasan Australia ini pada awalnya hanya akan berlaku untuk warga negara Australia, penduduk tetap, dan keluarga mereka.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved