Berita Bali

TERBARU Naik Pesawat Kini Bisa Pakai Antigen, Perubahan Syarat Perjalanan Jawa Bali

TERBARU syarat penumpang pesawat tidak lagi menggunakan hasil tes PCR, tapi bisa menggunakan hasil tes antigen

Penulis: Ragil Armando | Editor: Irma Budiarti
Tribun Bali/Rizal Fanany
CEK SUHU - Penumpang yang tiba di terminal domestik dicek satu per satu suhu tubuhnya oleh petugas di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Selasa 10 Maret 2021. TERBARU syarat penumpang pesawat tidak lagi menggunakan hasil tes PCR, tapi bisa menggunakan hasil tes antigen. 

TRIBUN-BALI.COM, BALI - TERBARU naik pesawat kini bisa pakai antigen, perubahan syarat perjalanan Jawa Bali.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menyampaikan perkembangan terkini terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Senin 1 November 2021.

Salah satunya, syarat penumpang pesawat tidak lagi menggunakan hasil tes PCR, tapi bisa menggunakan hasil tes antigen.

"Ada beberapa poin yang perlu saya sampaikan. Nanti untuk yang lebih detail dan lebih lengkap akan disampaikan oleh Bapak Menteri Kesehatan.

Pertama, yaitu walaupun penularan Covid-19 sudah bagus, tetapi kita juga harus terus waspada," ujar Menko PMK Muhadjir dalam keterangan resminya yang disiarkan daring melalui akun YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Masuk Bali Kini Bisa Pakai Antigen, Anggota DPR RI Nyoman Parta: Saya Harap Pariwisata Bali Bangkit

Kedua, vaksinasi akan dipercepat dengan target Desember 2021 untuk dosis kedua di atas 60 persen, kemudian prokes tetap dijaga untuk mencegah penularan.

Kemudian untuk perjalanan akan ada perubahan, yaitu untuk wilayah Jawa dan Bali, perjalanan udara tidak lagi mengharuskan menggunakan tes RT-PCR, tetapi cukup menggunakan tes antigen.

"Untuk perjalanan akan ada perubahan, yaitu untuk wilayah Jawa dan Bali. Perjalanan udara tidak lagi mengharuskan menggunakan tes RT-PCR.

Tetapi cukup menggunakan tes antigen sama dengan yang sudah dilakukan untuk wilayah luar Jawa-Bali sesuai dengan usulan dari Mendagri," ungkapnya.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti apa yang disampaikan Menko mengenai protokol kesehatan dan vaksinasi.

Protokol kesehatan ini menjadi penting karena memang mumpung Indonesia sedang turun sekarang, pihaknya ingin memastikan implementasi prokes bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya agar tidak terjadi lonjakan lagi.

Terutama nanti menghadapi Natal dan Tahun Baru, dan Presiden memang sudah memberikan arahan nanti Menko PMK yang akan menjadi koordinator untuk memastikan Nataru dan awal tahun depan tidak terjadi lonjakan kasus.

Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mendukung apa yang ditetapkan oleh pemerintah mengenai ketentuan perjalanan orang dalam negeri dapat menggunakan hasil tes antigen.

"Kami sangat mendukung apabila memang rencana terkait perubahan regulasi yang tadinya menggunakan PCR lalu bisa kembali menggunakan antigen.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved