Breaking News:

Tips Kesehatan

Termasuk Mengurangi Asupan Garam, Ini Kebiasaan Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Ada berbagai cara menjaga kesehatan jantung yang dapat kita praktikkan secara rutin untuk mencegah risiko penyakit jantung di kemudian hari.

Editor: Karsiani Putri
Net
Ilustrasi- Kesehatan Jantung 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Ada berbagai cara menjaga kesehatan jantung yang dapat kita praktikkan secara rutin untuk mencegah risiko penyakit jantung di kemudian hari.

Cara menjaga kesehatan jantung termasuk mengubah kebiasaan makan menjadi lebih sehat, rutin berolahraga, dan mengurangi kebiasaan buruk, seperti merokok.

Cara menjaga kesehatan jantung

Berikut sejumlah cara menjaga kesehatan jantung yang dapat kita praktikkan sehari-hari:

1. Makan lemak sehat, menghindari lemak trans

Lemak adalah salah satu sumber gizi makro yang penting untuk tubuh kita, termasuk lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda, dan lemak tak jenuh.

Satu jenis lemak yang tidak kita butuhkan adalah lemak trans karena berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke.

Menurut Cleveland Clinic, lemak trans dapat menyumbat arteri dengan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kolesterol baik (HDL).

Mengurangi asupan lemak trans dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan jantung.

Lemak trans banyak digunakan dalam makanan panggang kemasan, camilan, margarin, dan makanan cepat saji yang digoreng sehingga menambah rasa dan tekstur.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved