Breaking News:

Berita Badung

UMK Badung Tahun 2022 Ditetapkan Besok, Ketua PHRI: Lebih Baik Tetap

Pasalnya kondisi perekonomian di Badung saat ini menurun drastis, mengingat Kabupaten Badung merupakan kabupaten yang mengandalkan pariwisata

Istimewa
Ketua PHRI Badung I Gst Rai Suryawijaya 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA – Meski pemerintah Provinsi Bali sudah menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP), namun Upah Minimum Kabupaten (UMK) di Badung diminta agar besarannya ditetapkan seperti tahun lalu.

Pasalnya kondisi perekonomian di Badung saat ini menurun drastis, mengingat Kabupaten Badung merupakan kabupaten yang mengandalkan pariwisata.

Hal itu pun, ditegaskan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badung, I Gusti Agung Rai Suryawijaya saat dihubungi Senin 22 November 2021.

Pihaknya juga mengatakan saat ini kondisi di Badung sangat memprihatinkan baik itu perusahaan maupun karyawan.

Baca juga: Jarang Dikunjungi, Begini Kondisi Pantai Padma Legian Badung, Tempat Terbaik Melihat Sunset di Bali

“Ini harus ada harmonisasi hubungan antara pemerintah, pengusaha dan pekerja atau karyawan. Sehingga kondisi ini dapat dipahami,” katanya.

Dijelaskan meski Pemerintah Provinsi Bali sudah menetapkan UMP 2022 naik sebesar Rp 22.971, atau sekitar 0,98 persen, dari UMP 2021 sebesar Rp 2.494.000, namun menurutnya UMK Badung cukup besarnya ditetapkan saja seperti tahun lalu.

Ada beberapa alasan menurutkan agar besaran UMK 2022 mendatang sama dengan 2021 seperti kondisi pariwisata belum membaik, dan UMK Badung saat ini masih lumayan besar.

“Menurut saya lebih baik tetap. Karena saat ini kita, apalagi Badung yang mengandalkan pariwisata 80 persen kondisinya belum normal,” tegasnya.

Menurutnya, peningkatan UMK sebenarnya tidak menjadi masalah. Hanya saja perlu juga melihat omzet atau perusahaan yang ada.

“Karyawan ini kan merupakan aset yang tidak ternilai harganya. Bahkan ini harus dijaga,” tegasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved