Berita Klungkung

Jembatan Kuning Nusa Lembongan Ditutup Hari Ini, Warga Gunakan Sampan untuk Menyeberang

Jembatan Kuning yang selama ini menjadi ikon di Pulau Lembongan ditutup hari ini

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Jembatan Kuning yang menghubungkan Pulau Lembongan dan Ceningan beberapa waktu lalu. 

 

 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Jembatan Kuning yang selama ini menjadi ikon di Pulau Lembongan, sudah mengalami pengeroposan di beberapa titik.

Perbaikan akan dilakukan hari ini Selasa 26 Juli 2022 sehingga untuk sementara jembatan yang menghubungkan Pulau Lembongan dan Ceningan itu akan ditutup selama satu hari.


Kepala Dinas PUPRKP (Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Kawasan Pemukiman) Klungkung Made Jati Laksana menjelaskan, pengeroposan tersebut disebabkan karena keberadaan jembatan tersebut yang membentang di atas permukaan laut.

Baca juga: Menjamur di Klungkung, Satpol PP Berangus Puluhan Reklame Bodong

 

Hal ini membuat plat dan gelagar berbahan baja ini mudah korosi. 


" Beberapa titik kami temukan ada kropos (plat jembatan kuning). Sebelumnya sudah kami tangani di ujung jembatan, tapi titik yang kropos kembali kami temukan di tengah," ujar Jati Laksana, Senin 25 Juli 2022.


Perbaikan pun rencananya akan dilaksanakan, Selasa 26 Juli 2022.

 

Baca juga: Rudapaksa Anak di Bawah Umur di Klungkung, Dua Pria Ini Jadi Tersangka, Wayan J Sempat Ancam Korban

Pengerjaan akan dilakukan dengan pengelasan plat yang kropos. Perbaikan menggunakan anggaran pemeliharaan rutin dan menghabiskan biaya sekitar Rp20 sampai Rp30 juta.


Jika kondisi kropos itu dibiarkan, bisa membahayakan karena karena rentan membuat jembatan roboh. Made Jati Laksana mengaku sudah berkoordinasi dengan desa setempat, agar jembatan itu bisa ditutup selama sehari untuk perbaikan.


" Kami sudah koordinasi dengan desa, informasinya besok (26/7) jembatan kuning sudah ditutup untuk sementara. Pengerjaan akan kami upayakan selesai secepatnya," jelas Made Jati Laksana.


Karena harus ditutup sementara selama sehari, warga di Pulau Lembongan ataupun di Ceningan dapat memanfaatkan sampan untuk menyebrang.

Baca juga: Klungkung Masuk 4 Daerah Angka Tertinggi  Stunting, Kader Posyandu Harus Pahami Katagori Stunting

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved