Berita Bali

Banyak Pekerja Terima BSU karena Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, Menaker: Pengusaha di Bali Keren

kenaikan BBM bersubsidi, Pemerintah memberikan subsidi kepada pekerja/buruh, puluhan penerima BSU di Badung melakukan pencairan

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Menaker Ida Fauziyah, cek penerimaan BSU di Krisna Oleh-oleh Bali - Banyak Pekerja Terima BSU karena Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, Menaker: Pengusaha di Bali Keren 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Pemerintah kembali memberikan subsidi kepada pekerja/buruh untuk meringankan beban kenaikan BBM bersubsidi melalui program Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Penyaluran BSU tahap pertama sudah dimulai sejak Senin 12 September 2022 bagi 4,36 juta peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah juga ikut meninjau penyaluran BSU bagi pekerja di wilayah Badung.

Puluhan penerima BSU di Badung melakukan pencairan di Krisna Oleh-Oleh Bypass melalui mobil kas keliling Bank BTN dan BNI.

Baca juga: Dampak Kenaikan BBM, Harga Ikan Tongkol Naik 30 Persen di Gianyar

Menaker mengatakan, Bali termasuk salah satu Provinsi dengan penerima BSU cukup banyak.

Hal itu penanda bahwa para perusahaan atau pengusaha taat mengikuti aturan yakni mendaftarkan pekerjanya dalam BPJS Ketenagakerjaan.

" Bali ini termasuk provinsi yang banyak sekali menerima subsidi upah, meskipun Bali sebagai provinsi yang kecil. Kalau Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta mungkin penerima BSU-nya banyak itu wajar karena besar (wilayah dan penduduknya). Tapi Bali sebagai provinsi yang relatif kecil ternyata penerima Bali'>BSU di  Bali cukup besar," kata Menaker, Selasa 13 September 2022.

"Tandanya apa? Pertama karena kesadaran para pengusaha untuk menyertakan pekerjanya ke dalam program BPJS itu keren. Tetapi kami yang kedua kami melihat masih banyak perusahaan yang belum menyertakan pekerjanya kedalam program BPJS Ketenagakerjaan," sambungnya.

"Penyaluran BSU kita kerjasama dengan Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara dan BSI (Bank Syariah Indonesia). Di luar itu dalam rangka mempercepat proses penyaluran itu kerja sama juga dengan PT Pos Indonesia," ujar Menaker.

Mengapa bekerjasama juga dengan PT Pos Indonesia, Menaker mengatakan, banyak pekerja yang tidak memiliki rekening di Bank Himbara sehingga untuk mempercepat penyaluran Kemenaker bekerjasama dengan Pos Indonesia.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved