Denpasar Festival

Denfest 2022 Telan Anggaran Rp3,69 Miliar, Libatkan 622 Musisi, 1.049 Seniman dan 161 UMKM

Denpasar Festival (Denfest) ke-15 akan dibuka pada 21 Desember 2022 dan berlangsung hingga 25 Desember 2022. Denfest ini menelan anggaran hingga Rp3,6

Istimewa
Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa dan Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana saat mengikuti Jumpa Media di Inna Bali Heritage Denpasar, Senin (19 Desember 2022). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Denpasar Festival ( Denfest) ke-15 akan dibuka pada 21 Desember 2022 dan berlangsung hingga 25 Desember 2022. Denfest ini menelan anggaran hingga Rp3,69 miliar dan melibatkan 622 musisi.


Denpasar Festival kali ini lolos kurasi sebagai festival pilihan dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Denpasar Festival hadir kembali terpusat ke kawasan heritage Jalan Gajah Mada dan Lapangan Puputan Badung. Konseptualisasi Denpasar Festival ke-15 menggunakan strategi street festival.

Baca juga: Kuliner Bali, Tak Biasa, Ada Gerai Lalapan Lele Vegan di Denpasar


" Denpasar Festival 2022 mengangkat tema Tejarasmi atau Cahaya Keindahan yang merepresentasi festival sebagai fajar kebangkitan bagi warga Kota Denpasar, terutama melalui inovasi dan kreativitas budaya yang lahir dan menggeliat di ruang-ruang publik," kata Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara dalam konferensi pers di Denpasar, Senin 19 Desember 2022.


Pihaknya mengatakan, total terdapat 161 UMKM, 1.049 seniman, dan 622 musisi.

"Untuk UMKM yang mendaftar kami kurasi dari 700-an, sesuai persyaratan 300 pendaftar dan terkurasi menjadi 161 UMKM," katanya.

Baca juga: Denpasar Siapkan 5 Posko Nataru dan Denpasar Festival Mulai 19 Desember - 3 Januari 2023


Ada berbagai mata acara yang dikemas dalam perhelatan ini, di antaranya inagurasi pembukaan dan penutupan, pementasan seni klasik hingga kontemporer, pemanggungan musik dari berbagai genre, gelaran fesyen, kuliner khas dan unggulan, teater, podcast/talk show, indie movie, street carnival, workshop, dan lainnya.

Ragam acara tersebut menggandeng para seniman, sineas kreatif, musisi anyar maupun legendaris, sosok inspiratif yang hadir dalam berbagai sesi lokakarya, dan puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari berbagai subsektor ekonomi kreatif.

Juga melibatkan musisi kreatif yang sudah lama bergelut pada bidang seni, Denfest turut melibatkan musisi anyar yang tentu tak kalah mencuri hati dengan berbagai karyanya.

Baca juga: Sepeda Motor Disenggol Bus Malam hingga Terjatuh di Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk 

Beberapa band papan atas di Bali yang juga hadir melengkapi gelaran festival akhir tahun Kota Denpasar, seperti Joni Agung, Crazy Horse, Lolot, Navicula, Emoni, dan lainnya.


Sementara itu, Kadis Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani mengatakan, untuk perhelatan Denfest ini menggunakan dana dari APBD.

"Untuk dana menggunakan dana APBD tahun 2022 dengan besaran Rp3.69 miliar yang terdiri atas dana untuk promosi, seni pertunjukan, pembuatan stan, serta genset," katanya.

Baca juga: Denpasar Festival ke-14 Digelar di Empat Kecamatan, Anggaran Rp 3,5 Miliar


Secara rinci titik zonasi pemanggungan dan pertunjukkan tersebar di Catur Muka, Wantilan Inna Heritage Bali Hotel, Panggung Gajah Mada, Pelataran Pasar Badung, dan Lapangan Puputan Badung.


Sementara untuk pengalihan arus lalu lintas dimulai dari tanggal 17 Desember 2022 — 26 Desember 2022 yang dilakukan di beberapa titik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved