Berita Buleleng

Pemkab Buleleng Akan Gelar Lomba Aksara Bali, Ada 6 Kriteria Lomba

Dinas Kebudayaan Buleleng akan menggelar lomba bulan bahasa Bali ke V pada Kamis 9 Februari 2023 mendatang.

Ratu Ayu Astri Desiani
Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng, Nyoman Wisandika soal lomba Aksara Bali yang akan digelar Pemkab Buleleng. 

TRIBUN-BALI.COM, BULELENG - Dinas Kebudayaan Buleleng akan menggelar lomba bulan bahasa Bali ke V pada Kamis 9 Februari 2023 mendatang.

Lomba digelar atas intruksi Pemprov Bali, untuk melestarikan kembali budaya tentang menulis aksara Bali di masyarakat.

Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng, I Nyoman Wisandika pada Minggu (22/1) mengatakan, lomba bulan bahasa Bali yang digelar tahun ini mengusung tema Segara Kerthi Campuhan Urip Sarwa Prani.

Baca juga: Bendungan Tamblang Buleleng Masuki Tahap Pengisian Air, Rencana Akan Diresmikan Presiden

Ada enam kriteria lomba yang akan diselenggarakan.

Yakni lomba nyurat aksara Bali tingkat Sekolah Dasar (SD), lomba nyurat lontar tingkat SMP, lomba debat mebasa Bali tingkat SMA/SMK, lomba ngewacen lontar tingkat remaja, lomba nyatua Bali tingkat paiketan krama istri (Pakis) dan lomba pidarta antar Kelian/Bendesa Adat.

Mantan sekretaris BKPSDM Buleleng ini menyebut, pihaknya sudah melakukan koordinasi  bersama unsur dari kecamatan dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), termasuk para dewan jurinya untuk menyusun bagaimana teknis kegiatan, alur pendaftaran dan pelaksanaan lomba tersebut.

Baca juga: Jembatan Desa Jinengdalem Buleleng Berlubang, 40 Tahun Belum Tersentuh Perbaikan

Hasilnya, pihak kecamatan nantinya akan menjadi koordinator untuk menyeleksi masing-masing peserta yang ada di wilayahnya, sebelum akhirnya mengikuti lomba di tingkat kabupaten.

"Pihak kecamatan yang akan mengkoordinir. Apakah nantinya pihak kecamatan melakukan seleksi atau perlombaan  terlebih dahulu sebelum didaftarkan untuk diperlombakan  kembali di tingkat Kabupaten, atau seperti apa" katanya.

Baca juga: Juru Parkir di Buleleng Mengeluh Target Retribusi Parkir Meningkat Rp 140 Ribu

Terkait waktu pendaftaran, Wisandika menyebut akan dibuka  pada Jumat 3 Februari 2023, dilanjutkan technical meeting tanggal Senin 6 Februari 2023 dan akan diperlombakan pada Kamis 9 Februari 2023.  

Pemenang dari masing-masing kategori lomba nantinya akan dikirim untuk mewakili Buleleng dalam lomva bulan bahasa Bali tingkat provinsi,  yang akan di laksanakan pada Selasa (21/2).

Baca juga: BPBD Buleleng Siapkan Rp 110 Juta Untuk Sewa Alat Berat Dalam Penanganan Bencana Alam


"Penguatan bahasa, aksara dan astral Bali melatarbelakangi dalam kegiatan tahunan ini. Bagaimana kita sebagai orang Bali tentu bahasa Bali harus dikuatkan, baik kita terapkan di lingkungan sekitar, perkantoran dan termasuk juga tanpa mengesampingkan budaya busana adat Bali," tandasnya. (*)

 

 

Berita lainnya di Berita Buleleng

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved