Yonif Mekanis 741/GN Jembrana Jajakan Buku di Perbatasan RI dengan Perpustakaan Keliling

Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara yang bermarkas di Negara, Kabupaten Jembrana, sejak pertengahan November 2018 lalu, mendapat kepercayaan

Yonif Mekanis 741/GN Jembrana Jajakan Buku di Perbatasan RI dengan Perpustakaan Keliling
dokumentasi Pendam Udayana/Ist
Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN melaksanakan tugas pembinaan teritorial di wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara untuk membantu kesulitan masyarakat. 

Yonif Mekanis 741/GN Jembrana Jajakan Buku di Perbatasan RI dengan Perpustakaan Keliling

TRIBUN-BALI.COM - Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara yang bermarkas di Negara, Kabupaten Jembrana, sejak pertengahan November 2018 lalu, mendapat kepercayaan dan kehormatan melaksanakan tugas operasi pengaman perbatasan RI-RDTL.

Dalam pelaksanaan operasi itu, Yonif Mekanis 741/GN ditugaskan sebagai Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat yang mewilayahi Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Hal itu disampaikan Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto dalam siaran persnya, Selasa (12/2/2019) di Makodam IX/Udayana.

Baca: Sosok Ayah yang Berjanji Menutup Lubang di Jalan Selama Sisa Hidupnya, Ternyata Ini Penyebabnya

Baca: Sekitar 58 Ribu Anak di Denpasar Sudah Miliki KIA, Ini Sebaran Kecamatan Paling Banyak

Baca: 5 Tahun Memendam Dendam, Yuda Tega Habisi Korban, Terungkap dari Pengakuan Sang Ayah

Disamping bertugas, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN juga melaksanakan tugas pembinaan teritorial di wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara untuk membantu kesulitan masyarakat.

Adapun implementasi dari pelaksanaan tugas pembinaan teritorial tersebut, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN sudah banyak berbuat dengan berbagai kegiatan yang secara langsung menyentuh kepentingan masyarakat.

"Di antaranya, dalam kiat mencerdaskan anak bangsa sebagai generasi penerus, mengadakan pelayanan Perpustakaan Keliling ke sekolah-sekolah yang ada di daerah perbatasan seperti yang sudah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Eban yang berada di Desa Eban, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara," ungkapnya.

Kegiatan Perpustakaan Keliling juga disebutnya mendapat sambutan baik dari para guru dan antusias yang tinggi dari para siswa.

Baca: Pengusaha Laundry di Taman Pancing Ini Akan Disidang, Hasil Temuan DLHK Ditemukan Limbah Ini

Baca: Gede Sepridayana Sulit Dihubungi Korban, Ternyata Motor Sewaan Digadaikan untuk Main Judi

Baca: Korban Perkosaan Awalnya Dibonceng 2 Pelaku, Tiba-tiba Digilir, Pelaku Masih Satu Grup

"Mereka mengatakan kegiatan ini merupakan terobosan baru yang sangat bermanfaat dalam membantu proses pembelajaran para peserta didik terutama dalam pengembangan ilmu pengetahuan, dengan membaca banyak buku yang disediakan dalam Perpustakaan Keliling untuk wawasan peserta didik akan semakin berkembang," sebutnya.

Selain itu, talenta para petugas Perpustakaan Keliling yang datang ke sekolah juga begitu ramah dan simpatik sehingga membangkitkan minat baca para peserta didik.

"Biasanya juga dilakukan dengan saling menukar buku yang ada karena banyak buku-buku menarik yang dikoleksi dalam Perpustakaan Keliling," demikian ucapnya mengutip dari pengakuan dari salah seorang Guru SMA Negeri 1 Eban.

Baca: Manuver Menegangkan Pesawat Hindari Tabrakan di Ketinggian 11.200 Meter, Ini Pengakuan Kru Kabin

Baca: Kronologi Tuduhan Pelecehan Marco Simic di Pesawat, Pernyataan Resmi Persija dan Nasib Sang Striker

Baca: Buah Kesabaran Guru Honorer Bergaji Rp 450 Ribu, Akan Dapat Kejutan dari Hotman Paris

Kegiatan Perpustakaan Keliling ini merupakan salah satu program bagi para peserta didik di daerah perbatasan.

Berbagai cara dilakukan untuk menggugah para peserta didik untuk berprestasi.

Pembelajaran di seluruh sekolah sekitar Pos Satgas juga sudah dilakukan dan termasuk juga memberikan pelajaran membaca kepada para manula yang buta huruf, dengan prinsip tidak ada kata terlambat untuk belajar.

Kapendam menambahkan, tugas operasi yang dilaksanakan oleh Satgas Pamtas RI-RDTL Setor Barat Yonif Mekanis 741/GN dibawah kepemimpinan Danyon Mayor Inf Hendra Saputra, ialah selaku Dansatgas.

Yang mana melaksanakan pengamanan di wilayah perbatasan, Sektor Barat dengan melaksanakan patroli darat untuk mencegah terjadinya pelanggaran pelintas batas dan penyelundupan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung-jawab. (*)

Baca: Dokter Ungkap Penyebab Anak Ini Alami Pertumbuhan Langka, Ini Alasan Masih Bisa Bertahan

Baca: Kisah Guru Honorer Nur Khalim Bergaji Rp 450 Ribu, Seisi Kelas Tak Ada yang Membela Saat Dilecehkan

Baca: Pria Ini Buron Lantaran Lakukan Hal Ini Pada Seekor Tikus, Sampai Kencing dan Tuntut Ganti Rugi

Penulis: Busrah Ardans
Editor: Rizki Laelani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved